Pembagian PKH, Kades Galeuh Pakuwan Dampingi Warga

GARUT, INFODESAKU – Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil).

Pembagian PKH telah di laksanakan di wilayah Kabupaten Garut, salah satunya dilaksakana di Desa Galeuh Pakuwan, Kecamatan Balubur Limbangan, kabupaten Garut. Ratusan warganya yang didominasi oleh ibu-ibu berbondong-bondong mendatangi kantor kecamatan Balubur Limbangan guna mengambil kartu Program Keluarga Harapan (PKH). Kamis, (15/02).

Dengan membludaknya KPM, hal tersebut disesalkan oleh Selamet Riyanto selaku Kepala Desa Galeuh Pakuwan, dirinya merasa keberatan dengan sitem pembagian kartu PKH yang dipusatkan di Aula Kecamatan, menurtnya alangkah baiknya bila pembagian ini dilakukan di Desa masing- masing biar KPM tidak mengantri lama dan mengeluarkan dana yang lebih untuk transportasi dan yang lainnya.

“Saya sangat keberatan dengan sistem pembagian kartu PKH yang harus diadakan di Aula Kecamatan, karena para warga harus mengantri lama dan mengeluarkan dana yang lebih untuk datang ke sini. Alangkah baiknya pembagian ini dilakukan di Desanya masing-masing agar lebih mudah dan cepat,” paparnya.

Selamet juga menambahkan, dirinya sengaja datang untuk mendampingi warganya, karena dengan di satu tempatkan seperti ini, sangat mengganggu pelayanyan masyarakat di Kecamatan dan takut menimbulkan rasa khwatir terhada warganya.

“Saya sengaja hadir disini untuk mendampingi warga saya yang bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jumlah KPM dari Desa Galeuh Pakuwan 146 orang dan 9 orang lagi belum ada kejelasan dari PKH,” tambahnya.

Dalam penjelasannya, Warman selaku Sekcam Limbangan menyebutkan, bahwa hari ini merupakan pembagian kartu PKH terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan pihak Kecamatan hanya sebagai penyedia tempat, selebihnya urusan petugas PKH.

“Pihak Kecamata hanya sebagai penyedia tempat, selebihnya urusan PKH,” jelasnya singkat.

Sementara salah seorang petugas PKH menjelaskan bahwa KPM yang mendapatkan kartu PKH hari ini sebanyak 604 dari 6 desa (Pangeureunan, Ciwangi, Pasirwaru, Galeuh Pakuwan, Dunguswiru, Neglasari dan Surabaya) jumlah tersebut merupakan hasil validasi tahap pertama yang dilakukan oleh pihak bank.

Laporan: BHEGIN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan