Sekda Kabupaten Sukabumi Tekankan Peningkatan Kapasitas Kinerja SAKIP

SUKABUMI, INFODESAKU –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menghadiri kegiatan pembukaan Workshop/Desk Konsultasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan (SAKIP) di Aula Hotel Augusta Palabuhanratu. Selasa, (20/02).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 37 orang peserta yang terdiri dari para Pejabat Pengelola Akuntabilitas Kinerja dari 37 Perangkat Daerah (PD) Non kecamatan.

Iyos mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mewujudkan pemahaman dan penerapan komponen SAKIP yang handal serta untuk mencapai target Akuntabilitas Kinerja Kabupaten Sukabumi tahun 2018 dengan Predikat BB.

“Ketika kapasitas kerja di tingkatkan tentunya kinerjanyapun akan meningkat, untuk itu diperlukan SDM yang terampil dibidangnya dan lebih meningkatkan kapasitas pengelola SAKIP yang ada di Perangkat Daerah tingkat Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Setda mengaku dengan peningkatan kualitas pekerjaan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dapat meningkatkan Predikat B dalam penilaian laporan Akuntabilitas, seperti yang telah diraih beberapa waktu lalu dan berharap di tahun yang akan datang laporan Akuntabilitas Kinerja akan naik peringkatnya ke kategori BB sehingga diperlukan motivasi untuk memacu kinerja menjadi lebih baik lagi.

“Kita berharap di tahun yang akan datang menjadi BB, sehingga kapasitas dari pengelola bisa ditingkatkan. Kita akan tindak lanjuti dengan para Kepala Perangkat Daerah supaya menjadi bukti serta komitmen yang kuat dari Perangkat Daerah, sehingga seluruh program kegiatan berorientasi kepada hasil bukan berorientasi pada surat pertanggung jawaban (SPJ).” Pungkasnya penuh harap.

Seperti diketahui bersama beberapa waktu lalu pemerintah Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan, selain itu Pemkab Sukabumi dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sehingga mendapatkan penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Laporan : BEN/HS

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional