Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Pemdes Babatan Lakukan Penanaman Pohon

KUNINGAN, INFODESAKU – Kepala Desa Babatan Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan, Romi Andrian S.Pd.i mempelopori kegiatan penanaman pohon di area sekitar balai desa bersama para perangkat, lembaga desa dan masyarakat, Senin (20/3/2023).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kades Babatan, Camat Kadugede beserta jajarannya, Kasi Trantib Kecamatan Kadugede, Pendamping Desa Kecamatan Kadugede, Perangkat Desa dan Masyarakat.

Penanaman pohon dilakukan bertepatan dengan Hari Desa Asri Nusantara sesuai himbauan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan, untuk melaksanakan Gerakan Penanaman Pohon secara serentak di seluruh Indonesia.

Kades Babatan Romi Andrian S.Pd.i mengatakan, Peringatan Hari Desa Asri Nusantara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mengantisipasi akan ancaman bencana alam yang sangat berat akibat perubahan iklim.

Untuk menghadapi kondisi ini, diperlukan langkah sigap dan serius dari seluruh pemangku kepentingan di dunia. Oleh karena itu, diperlukan komitmen kuat dalam implementasi program pembangunan berketahanan iklim agar negara dapat terus tumbuh dan maju secara berkelanjutan.

“ Pemerintah Desa Babatan Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan dengan segenap elemen masyarakat, melaksanakan penanaman pohon di area balai desa, sebagaimana upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap perubahan iklim mengurangi resiko bencana alam di desa,” ujar Kades Babatan, Romi Andrian S.Pd.i

Kades berharap program yang dilaksanakan tersebut bisa mengembalikan alam sebagai filosofinya paru-paru desa, yang kembali bersahabat dan hidup lebih maksimal.

“Sebagai bentuk antisipasi menghadapi perubahan iklim yang extrim dan pemanasan global dapat teratasi, tidak hanya itu saja, hutan desa juga berfungsi sebagai penanggulangan bencana longsor dan sebagai tandon air, sehingga masyarakat di desa utamanya tidak kekurangan air,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Kadugede Maryanto S.STP. MSi mengatakan kegiatan ini bertujuan membiasakan masyarakat menggemari menanam pohon untuk menjaga dan peduli alam.

” Menanam pohon juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar terbiasa dan peduli terhadap kelestarian alam agar terhindar dari bencana akibat alam yang rusak.” pungkasnya.

 

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau