Pemdes Dunguswiru Bangun Pondasi Ketahanan Pangan Keluarga

GARUT, INFODESAKU– Pemdes Dunguswiru Kecamatan Balubur Limbangan bangun fondasi ketahanan pangan keluarga melalui program Halaman rumah bermamfaat terpadu (Harum madu). Program tersebut merupakan program Pemkab Garut yang mengajak warga memanfaatkan halaman rumah untuk kegiatan produktif. Untuk kelancaran program tersebut Pemdes laksanakan Bimtek terhadap Poktan, KWT, PKK, Posluh Ketua RW dan RT bertempat di Warung teknologi desa. Kamis, (06/04).

Kepala desa Dadang Kusnadi dalam sambutannya mengajak warga agar memamfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman produktif, seperti sayuran atau tanaman Hortikultura dan dilaksanakan secara berkelanjutan agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

“Dengan pengelolaan lahan secara produktif diharapkan hasilnya minimal bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan membantu perekonomian warga,” tuturnya.

Sementara Sekretaris desa Ayi Hasanydin berharap program Harum Madu ini bisa menjadi pondasi pembangunan ketahanan pangan tingkat keluarga dan mendorong perekonomian masyarakat, selain itu program ini sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 dan upaya pengendalian inflasi daerah.

“Semoga program Harum Madu ini bisa menjadi pondasi pembangunan ketahanan pangan tingkat keluarga dan mendorong perekonomian masyarakat jadi lebih baik,” harap Ayi Hasanudin.

Bimbingan teknis (Bimtek) tersebut dihadiri Camat, Danramil, Bhabinkamtibmas dan BPD dengan narasumber dari UPT pertanian Limbangan dan Pendamping desa Pemberdayaan.

 

 

Laporan : Bhegin

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove