Terobosan Terbaru DPMD Lebak Berbasis IT

LEBAK, INFODESAKU – Memudahkan pemerintahan desa dalam menjalankan kebijakan dengan pemerintah daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak terus berinovasi membuat terobosan-terobosan baru.

Salah satunya dengan membuat inovasi berbasis IT, sebuah aplikasi yang diberi nama KMPDes (Kelembagaan Masyarakat Pemerintahan Desa). Dimana aplikasi tersebut mampu mendata seluruh kelembagaan yang ada di pedesaan, dari mulai kelompok kelembagaan kepala desa sampai ke kelembagaan masyarakat.

Menurut Kepala Dinas DPMD Kabupaten Lebak, H. Rusito, penerapan aplikasi KMPDes sekarang ini menginjak 2 tahun dan berjalan sukses. Masyarakat sudah bisa mengaksesnya melalui komputer atau smartphone,aplikasi tersebut memuat berbagai kelembagaan yang ada di desa-desa berikut program kegiatannya.

“program tersebut untuk memudahkan pemerintahan desa dalam berkoordinasi menjalankan kebijakan dengan pemerintah daerah. Sehingga dengan program tersebut diharapkan mampu meminimalisir kesalahan seorang pemerintahan desa dalam mengangkat atau memberhentikan staf dan perangkat desa, “ paparnya.

Ditempat yang sama, Sekertaris DPMD Kabupaten Lebak, Talidin menambahkan, menurutnya program tersebut sudah dapat di akses oleh masyarakat luas.

“Bagi masyarakat yang ingin mengetahui terkait perkembangan kelembagaan serta kegiatan di seluruh desa di Kabupaten Lebak, maka bisa langsung meng akses di Google dengan membuka aplikasinya KMPDes Kabupaten Lebak. ” pungkanya singkat.

Laporan : RAI KUSBINI

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan