Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Blora Gelar Lomba Krenova

BLORA, INFODESAKU – Bapeda Kabupaten Blora kembali mengadakan sosialisasi Penjaringan Kreativitas dan Inovasi (Krenova) di Gedung Pertemuan Kantor Inspektoran Blora. Kamis, (08/03).

Dalam sosialisasi tersebut ada beberapa kategori yang diperlombakan diantaranya bidang agribisnis dan pangan yg meliputi energi kehutanan dan lingkungan hidup, kesehatan, obat-obatan kosmetika. Kemudian, di bidang pendidikan meliputi rekayasa teknologi dan manufaktur, kerajinan dan industri rumah tangga, serta bidang sosial.

Anjar selaku Kasubid Penelitian Bapeda Blora menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan peran masyarakat dalam penelitian yang memberikan dampak pada pembangunan dan kemajuan kota.

“Tentunya, dari karya ini, akan diarahkan Bapeda untuk menjadi produk yang dikomersialkan, sehingga menjadi usaha yang bisa menyerap tenaga kerja. Maka dari itu, tentunya akan meningkatkan perekonomian Kabupaten Blora. Untuk batas waktu penyerahan proposal sampai 31 Maret mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Nur Hanif selaku guru pengajar dari SMKN 1 Blora menambahkan, bahwa pada tahun 2017 lalu, dalam perlombaan Krenova. Pihaknya telah membuat sebuah karya yang dinamakan Omset (red/Omah Setrum).

“2017 lalu, kami membuat Omset yang menggunakan tenaga angin dan panas matahari. Dan sudah diuji dari kementrian, dan hasilnya Omset sendiri bisa langsung dibuat secara masal dan bisa dipasarkan.” pungkasnya.

Laporan : RIYAN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan