Sampah Menggunung, Kades Bojong Baru Bersama Warga Bersihkan Sungai

BOGOR, INFODESAKU – Ketika bicara sampah, maka identik dengan kotor, bau, kumuh, mengganggu seluruh aktivitas masyarakat, juga dapat mengakibatkan rusaknya ekosistem yang ada. Seperti contoh, lingkungan yang tadinya asri dan nyaman, berubah menjadi tidak teratur, kumuh, dan kurang nyaman. Tetapi sebaliknya jika sampah diperlakukan dengan baik dan benar, tidak menutup kemungkinan akan bermanfaat bahkan mungkin bisa menghasilkan rupiah.

Bagaimana cara menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keberadaan sampah di lingkungannya dan mampu menangani serta mengelola keberadaan sampah, sehingga dampak yang ditimbulkan tidak terjadi.

Adalah Burdah SH, Kepala Desa Bojong Baru, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, beberapa hari lalu bersama warganya bergotong royong membersihkan sampah disekitaran Sungai dan dalam rangka normalisasi Kali Cibeureum, RT 3 RW 3 serta berupaya menggerakkan masyarakat akan kesadaran peduli terhadap lingkungan.

“Saya lagi tidak memikirkan rasa dan aroma Pilkada, yang saya pikirkan adalah rasa dan aroma sampah yang menumpuk di sungai. Dimana sungai ini adalah tempat saya bermain bersama teman-teman saat kecil dulu, dan saya bertekad mengembalikan sungai ini seperti dahulu kala,” tutur Burdah dalam unggahan status Facebooknya.

Burdah, mengakui memang tak mudah untuk melakukan hal itu, kembali ke pribadi dan niat masing-masing tentang bagaimana menciptakan dan menjaga lingkungan dari sampah yang berserakan di sungai dan Kali Cibeureum tersebut.

“Terima kasih kepada warga RT 03 RW 03, sekarang kita bisa nikmati memancing bersama setelah sampah tersebut hilang. Insha Allah kalau kita peduli terhadap lingkungan maka akan nyaman tetapi sebaliknya kalau masa bodo atau apatis, maka itu akan menjadi malapetaka,” terangnya.

Masih kata Burdah, dirinya menargetkan agar sungai ini berfungsi kembali sebagai sarana bermain anak anak dan kegiatan ini berharap dapat dilakukan secara berkesinambungan.

“Bersih itu kebutuhan, untuk itu saya menghimbau mari kita bersama-sama memperlakukan sampah dengan baik dan berharap kedepannya agar masyarakat peduli lingkungan dan jangan membuang sampah di aliran sungai karena akan sangat besar dampak dan kerugiannya kelak.” pungkasnya.

Seusai kegiatan bersih-bersih sampah disekitaran kali Cibeureum, Kades Burdah dan warga RT 3 RW 03 menabur puluhan ikan lele kemudian bersama-sama memancingnya.

Laporan : TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023