Jaga Kamtibmas, Warga Sindanglaya Rutin Siskamling

LEBAK, INFODESAKU – Meski berada di pelosok, apa yang dilakukan Kampung Sindanglaya, Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak parut menjadi contoh.

Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kampungnya, seluruh warga aktif dalam Sistem Keamanan Keliling (Siskamling). Seperti biasa, dengan sistem terjadwal, setiap malam bapak-bapak bergantian melakukan Siskamling sesuai jadwal yang ditentukan.

Seperti yang terpantau pada Minggu malam (8/4/2018), di salah satu Pos Ronda di Kampung Sindanglaya, RT 02/05, tampak beberapa masyarakat beserta Babinsa sedang asik bercengkerama.

Kegiatan Siskamling keliling bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan adanya tindak kriminal yang mungkin saja terjadi di wilayah kampung Sindanglaya dan juga mengantisipasi keadaan darurat seperti kebakaran, menolong orang yang sakit, ataupun Ibu melahirkan yang perlu segera mendapatkan pertolongan, kata salah satu warga Ade Wahyudi kepada Infodesaku.

“Ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan warga Sindanglaya dengan kegiatan ini selain untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan. Juga ajang silaturahmi antar warga masyarakat kampung Sindanglaya, sehingga diharapkan kampung sindanglaya menjadi kampung yang aman dan nyaman serta penuh rasa kekeluargaan,” ungkapnya.

Hal senada di sampaikan Babinsa Desa Narimbang Mulya Kukun Kurnia, dirinya sangat mengapresiasi terhadap kepedulian dan kekompakan warga masyarakat Sindanglaya tersebut. “Kegiatan Siskamling ini setidaknya mampu menekan angka kriminalitas dan mampu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Kukun menambahkan, karena petugas siskamling selalu siap siaga untuk mengantisipasi semua kemungkinan tersebut.

“Saya berharap kegiatan seperti ini harus tetap di jaga dan dilestarikan, sehingga kekompakan masyarakat khususnya masyarakat sindanglaya selalu terjaga dan masyarakatpun merasa aman dan kondusif. Lebih dari itu Siskamling juga merupakan ajang silaturahim bagi para warga yang dalam kesehariannya disibukan dengan berbagai kegiatan sehingga jarang bisa bertemu dan bersilaturahim dengan warga lainnya,” paparnya.

“Sehingga dengan kegiatan ini akan selalu terjalin rasa persaudaraan yang lebih erat diantara para warga semoga dengan adanya kegiatan siskamling ini, kampung Sindanglaya menjadi kampung yang aman tentram dan damai, dan senantiasa menjaga kerukunan antar warga,” pungkasnya menambahkan.

Laporan : Rai Kusbini

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling