Pemdes Sundawenang Gelar Pemberdayaan Linmas dalam Rangka Antisipasi Penanggulangan Bencana

SUKABUMI, INFODESAKU – Salah satu upaya yang saat ini dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Sundawenang guna mewujudkan manajemen bencana, yaitu dengan melakukan Mitigasi atau serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, termasuk bagi para anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) yang ada di daerah Parungkuda.

Hal tersebut disampaikan Kepala desa sundawenang Wahid S,IP, saat membuka secara resmi kegiatan pelatihan bagi para anggota Linmas, dalam rangka penanggulangan bencana yang di hadiri Babinsa Serma Untung,Sms koramil 07/13, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan staf intansi lain, acara yang dilaksanakan tepatnya Aula Desa Sundawenang Jalan Siliwangi, kecamatan parungkuda, Sukabumi, Jawa-Barat. Kamis (12/4/2018).

Panitia pelaksana Citra Ayuni S.pd ia menjelaskan kepada, Kegiatan ini Dalam rangka Pelatihan kesiap siagaan masyarakat menghadapi bencana dengan adanya kegiatan ini Mudah-mudahan warga cepat membantu apabila ada bencana alam maupun non alam.

“Tujuannya untuk melatih kesiap dan siagaan untuk membantu dalam memberikan pertolongan dan bantuan jiwa, jika nantinya terjadi bencana, contohnya banjir, longsor, Gempa Bumi Dan lain-lain Desa sendiri mengharapkan yang terbaik klo misalnya ada apa-apa kita siap menghadapi warga yang terkena bencana. Adanya Pelatihan bagi para anggota Linmas yang digagas Pemerintah Desa Sundwenang ini,” ujarnya.

Masih kata Citra lebih lanjut ia menjelaskan, semoga dengan amanah Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 tentang perlindungan kepada masyarakat Dan UU No. 24 Tahun 2017 Tentang Penanggulangan Bencana Yang mana anggota satuan Linmas dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana.

“Guna meminimalisir akibat dari bencana serta ikut memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat dengan melalui pelatihan yang dilaksanakan tersebut akan dapat meningkatkan kemampuan para anggota Linmas dalam melaksanaan tugas dibidang kemanusiaan dan sosial masyarakat,” pungkasnya.

Laporan : ILHAM/R.RIAN

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023