Festival Pesta Rakyat ke 17 Kampung Budaya Lembur Tengah Resmi Dibuka

SUKABUMI, INFODESAKU – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, membuka secara Resmi Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah, di Kampung Cipetir, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi yang ditandai dengan Pemukulan Gong. Hadir pada kesempatan tersebut Kadis Pariwisata, Camat Kadudampit serta undangan lainnya. Kamis, (10/5/2018) .

Dalam sambutannya, Bupati memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Kampung Budaya Lembur Tengah atas inisiatif  dan gagasannya menyelenggarakan kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini menjadi wahana pelestarian keanekaragaman budaya lokal khususnya di Kabupaten Sukabumi, sekaligus ajang silaturahmi diantara para budayawan, seniman, komunitas adat, pakar budaya maupun segenap aparatur pemerintah guna mempercepat strategi pelestarian budaya berbasis kearifan lokal .

“Sebagaimana dimaklumi, Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah merupakan salah satu Budaya yang tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Jawa Barat. Tentunya budaya-budaya tersebut telah melalui perjalanan  panjang dalam perkembangan  seni dan budaya,” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati menyatakan, bahwa festival ini merupakan  salah satu upaya menjaga kelestarian serta kesinambungan seni dan budaya lokal, Meski  derasnya informasi, komunikasi dan teknologi belakangan ini membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat.

“Dengan potensi budaya dan seni lokal  yang kuat sebagai warisan, para pelaku, peminat dan pecinta seni dan budaya tradisi  akan dapat tetap eksis menjadi warisan berharga dari generasi ke generasi.” pungkasnya.

Di akhir acara Bupati bersama Masyarakat kampung Lembur tengah melaksanakan Makan Liwet bersama

Laporan : BEN/HS

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan