Maknai Hari Kemerdekaan Pemuda Hambalang Satukan Perbedaan

BOGOR, INFODESAKU – Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus dimaknai oleh masyarakat Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup Bogor, sebagai pemersatu antar masyarakat dari berbagai perbedaan.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Hambalang dengan menggelar berbagai perlombaan yang pesertanya dari warga masyarakat Desa Hambalang yang dilakukan selama dua hari, Kamis dan Jum’at (16-17/08 ) di lapangan Desa Hambalang.

Kepala Desa Hambalang, H. Didi kepada infodesaku menuturkan, tujuan dari kegiatan lomba 17 agustus sebagai mempererat tali silaturahmi. Kegiatan ini sudah dimulai sejak Kamis, diawali dengan lomba memasak pesertanya lomba sendiri terdiri dari suami istri, dan hari ini kita adakan pestival panjat pinang sebanyak 33 tiang, yang akan memperebutkan juara 1 sampai 3.

“Makna dari panjat pinang ini sebuah perjuangan dimana para pejuang kita terdahulu berjuang merebut kemerdekaan dengan susah payah bahkan sampai nyawa jadi korban, begitupun kita memaknai panjat pinang ini sebagai perjuangan menuju kemenangan dengan kekompakan maka apa yang menjadi tujuan akan berhasil, dan acara hari ini kita jadikan sebagai ajang silaturahmi antar warga desa hambalang,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Agung Septian ketua panitia kegiatan lomba kepada infodesaku mengatakan tujuan dari rangkayan kegiatan lomba untuk mempersatukan perbedaan. Jika mendengar Hambalang pasti identik dengan Gunung.

“Disini kami pemuda Desa Hambalang ingin membuktikan bahwa meskipun kami berada di pegunungan tapi kami bisa berkarya, pemuda desa dengan kekompakan akan bisa mewujudkan suatu kemajuan desanya. Untuk itu kenapa kepanitiaan ini semua yang terlibat anak anak muda, kami ingin mempersatukan dari perbedaan perbedaan antar kelompok pemuda, disini ada 33 panjat pinang yang masing-masing kelompok disesuaikan, ada kempok remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak, tujuannya untuk kekompakan, sesuai dengan tema tahun ini “Maknai Hari Kemerdekaan Kita Satukan Perbedaan” dengan mempersatukan pemuda sebelumnya berkelompok atau mereka punya kegiatan masing masing maka di momen hari kemerdekaan ini kita satukan dari perbedaan.” Jelasnya.

Laporan : Yani/Panji

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Iwan Setiawan Optimis KLA Dapat Terwujud di Kabupaten Bogor Dengan Sinergitas dan Kolaboratif

Momentum HJB ke-541 Camat Sukamakmur Ajak Stakeholder Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat