Kampung Cigeger Desa Citeureup Kembali Ikuti Lomba Kampung Ramah Lingkungan

BOGOR, INFODESAKU – Bertempat di wilayah kampung Cigeger, RT 04/05, Desa Citeureup, Kecamatan Citeureup Bogor, menjadi tempat di penilaian lomba Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang mengusung tema “Lembur Urang Kumaha Urang”, Kamis (09/08).

Mendapat predikat Madya, Kampung Cigeger mendapat perhatian khusus dari tim penilai lomba Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dengan kekompakan masyarakat yang sadar kebersihan yang di beri nama “Madasi”.

Ketua RW 05, Aji Permana di sela kesibukannya kepada infodesaku mengatakan, awal dibentuknya kampung cigeger sebagai kampung ramah lingkungan yang sulit bukan mengajak tapi merubah kebiasan masyarakat.

“Awal mengajak masyarakat untuk menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat yang sulit itu merubah kebiasaan masyarakat dengan kebiasaan membuang sampah sembarang, yang saya lakukan pada waktu itu tidak langsung menegor, setiap pagi sebelum berangkat kerja atau pulang kerja saya keliling kampung untuk ambil sampai yang berserakan saya lakukan setiap hari, jika satu sampai tiga hari bahkan sampai ke empat harinya masih sama baru saya tegor dengan candaan, “kapan mu buang sampah ke tempat sampah” itu pun tidak lantas langsung mengikuti tapi dengan bantuan dari kader-kader Madasi, tadi alhamdulilah sekarang lingkungan jadi bersih tidak ada lagi sampah yang berserakan,” ungkapnya.

Muri tim penilai lomba kampung ramah lingkungan mengapresiasi kampung cigeger yang bergelar Madya dalam menciptakan kampung ramah lingkungan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kampung cigeger desa Citeureup ini karna kampung cigeger ini bukan lagi pemula tetapi sudah Madya dan sudah tahun ke dua, ini suatu kebanggaan bagi kami bahwa di tengah tengah kawasan industri masih ada kampung yang bersih dengan ramah lingkungan dengan masyarakat yang sadar lingkungan,” kata Muri.

Sementara Kepala Desa Citeureup, Gugun Wiguna yang hadir di tengah-tengah kader Madasi mengungkapkan rasa bangga kepada kader Madasi

“Tentunya saya sebagai kepala desa merasa bangga dengan kekompakan kader-kader Madasi ini, yang sudah rela bekerja untuk menjaga lingkungan supaya menjadi bersih dan sehat,” singkatnya.

Laporan: Yani /Panji

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau