Pemuda Kampung Legoksirna Bangun Jalan Secara Swadaya

SUKABUMI, INFODESAKU – Kekompakan pemuda Kampung Legok Sirna, Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, tampaknya tak main-main. Terbukti melalui kekompakan yang dimiliki, pemuda kampung Legok Sirna sedikit demi sedikit berhasil melebarkan jalan lingkungan dari yang awalnya hanya 1 meter kini menjadi 3 meter.

Menurut salah satu tokoh pemuda sekaligus penggagas kegiatan pembangunan jalan lingkungan, Solihin (40) disela kegiatannya menyampaikan, kegiatan ini yang didasari ti urang ku urang ker urang (dari kita sama kita untuk kita, red).

“Dari hasil kebersamaan yang menghasilkan kesepakatan tersebut maka kami bersama pemuda dan para tokoh masyarakat serta tokoh agama melakukan kegiatan pembangunan jalan lingkungan yang awalnya jalan tersebut lebarnya hanya cuman 1 meter dan sekarang jalan tersebut dibangun secara swadaya menjadi 3 meter,” terangnya.

Solihin menambahkan, kita akan membangun jalan tersebut secara berkelanjutan dan dibutuhkan bantuan dari pihak sipapun yang akan mau ikut membantu dalam proses pembangunan pelebaran jalan.

“Sebetulnya awal pembangunan jalan tersebut awalnya dari perkumpulan pemilik kendaraan bermotor sebanyak 47 orang yang alhamdulilah dengan diawali adanya kumpulan dari pemilik motor terkumpulah untuk membeli bahan matrial hingga langsung dilaksanakan pembangunan jalan  tersebut. Harapan saya kedepan semoga dengan adanya pembangunan jalan tersebut bisa bermanfaat, kita jaga dan pelihara agar jalan tersebut awet hingga bermanfaat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RT 03/03, Acep Mahdi menuturkan, dengan kegiatan tersebut dirinya sangat mengapresasi terhadap para pemuda yang memiliki kepedulian dilingkungan dengan semangat menumbuhkan lagi budaya gotong royong yang selama ini hapir punah.

“Dengan pembangunan pelebaran jalan ini akses wargapun merasa terbantu yang dahulu jalan tersebut tidak bisa masuk mobil sekarang bisa masuk. Saya bersama warga ya berharap agar jalan tersebut bisa sampai ke depan halam masjid jammi,” tandasnya.

Laporan : BA

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan