Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Polres Blora Datangkan Dokter Hewan

BLORA, INFODESAKU – Memperingati hari raya Idul Adha 1439 H, Polres Blora gelar Solat Idul Adha dan bagikan daging kurban kepada warga sekitar yang kurang mampu. Bertempat di halaman belakang Polres Blora hari ini, Rabu (22/08) dilaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres, Para Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran Polres Blora dan Bhayangkari Cabang Blora. Diawali dengan sambutan dari Kabag Sumda Polres Blora Kompol Rubiyanto yang bertindak selaku ketua panitia kurban melaporkan susunan kegiatan dan jumlah hewan kurban yang akan disembelih. Dilanjutkan sambutan Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H sekaligus penyerahan hewan Kurban kepada takmir masjid Al Istiqomah Polres Blora.

Dengan tema “Idul Adha Menanamkan Nilai-Nilai Keikhlasan dalam Mengabdi Sebagai Insan Bhayangkara yang bertaqwa Kepada Allah SWT”. Kapolres dalam sambutan nya mengucapkan terimakasih pada jajaranya atas terselenggaranya kegiatan korban ini.

“Alhamdulilah tahun ini Polres Blora berkurban 3 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Tidak semuanya dipotong di sini, namun hanya dua ekor sapi dan dua kambing dipotong. Sebagian juga disalurkan ke beberapa masjid, semoga menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua.”ujarnya.

Masih kata AKBP Saptono, dari keseluruhan hewan korban yang dipotong tersebut berasal dari sumbangan sukarela personil Polres Blora. Guna memastikan kesehatan hewan kurban, pihaknya sengaja menghadirkan dokter hewan dari dinas Peternakan untuk mengecek secara langsung sebelum dan sesudah penyembelihan supaya dipastikan daging benar-benar layak konsumsi.

“Menyembelih hewan kurban tidak bisa sembarangan. Harus dengan kententuan syariat Islam supaya daging yang dihasilkan halal dan berkah. Semua kita serahkan kepada ahlinya termasuk mengecek kesehatan serta kelayakannya hewan yang akan dikurban.” terang Kapolres.

Tentang teknis pembagian daging korban, Kabag Sumda Kompol Rubiyanto menerangkan, pihaknya telah membentuk panitia kecil yang bertugas mengakomodir berbagai kebutuhan terkait penyembelihan dan pembagian hewan kurban.

“Sehari sebelumnya panitia telah membagikan kupon kepada masyarakat yang berhak menerimanya untuk digunakan mengambil daging kurban.” Jelasnya.

Dari pengamatan di lokasi, sebanyak 350 kantong daging hasil dari 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang disebelih di Mapolres Blora telah siap disalurkan. Sejak pagi sebagian masyarakat memang sudah berada di Mapolres untuk mengambil daging. Beruntung petugas yang dilibatkan cukup banyak sehingga proses mulai dari penyembelihan hingga pembagian tidak membutuhkan waktu lama dan tidak sampai terjadi antrian panjang.

“Semoga apa yang kami lakukan ini membawa berkah bagi kita semua. Tidak hanya bagi anggota Polri namun juga masyarakat sekira Mapolres Blora secara umum.” Pungkas Kabag Sumda.

Laporan : WIEN

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove