Pagelaran Tradisi Kawin Cai Pemerintah Kabupaten Kuningan

KUNINGAN, INFODESAKU – Pemerintah Kabupaten Kuningan adakan Pagelaran tradisi kawin cai, kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu (23/09) bertempat di lapangan Pandapa Paramitha Kabupaten Kuningan.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Kuningan, Muspida Kabupaten Kuningan, Kadisdik Kabupaten Kuningan, musisi dangdut Kuningan, serta ribuan masyarakat Kabupaten Kuningan.

Menurut Bupati Kuningan, Acep Purnama, kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat Kabupaten Kuningan yang dilakukan setiap tahun, tujuannya untuk melestarikan adat istiadat asli masyarakat.

“Pagelaran tradisi Kawin Cai (Air) ini diadakan untuk mempersatukan mata air yang ada di Kabupaten Kuningan, acara ini di gagas oleh Pemda Kabupaten Kuningan,” kata Acep Purnama, Bupati Kuningan,  dalam sambutan pembukaan pagelaran tradisi kawin cai ini.

Lebih lanjut Acep Purnama menjelaskan, Pagelaran tradisi kawin cai (air) ini menyatukan mata air dari Cibulan dan Balongdalem.

“Bertujuan untuk melestarikan seluruh mata air yang ada di Kabupaten Kuningan sehingga bermanfaat bagi seluruh petani yang ada di Kabupaten Kuningan, selain itu juga kegiatan ini digelar dalam rangka melestarikan budaya lokal masyarakat disini,” pungkasnya.

Terpantau oleh Infodesaku kemeriahan acara ini, ribuan warga Kabupaten Kuningan sangat antusias melihat pagelaran tradisi kawin cai ini yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Laporan : BUDI/AJH

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan