Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Deli Serdang Berlangsung Khidmat

DELI SERDANG, INFODESAKU – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2018 tingkat Kabupaten Deli serdang berlangsung khidmat, dengan Irup Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars, di lapangan  Alun-alun  Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam, Senin (01/10).

Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila  ini dibacakan Ikrar Kesaktian Pancasila oleh Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Imran Obos SE, sebagai  Danup Kaften. Inf.  Agus Tua Panjaitan dari Kodim 0204 DS, Pembaca UUD 1945 Dedi Basri Batubara SSTP KUPT Bapemda Kecamatan, serta lagu-lagu perjuangan  oleh Paduan Suara SMA N 1 Lubuk Pakam dan ditampilkan atraksi Drumband  Nurul Amaliyah Tanjung Morawa.

Mengusung tema “Pancasila  Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ihadiri Dandim 0204 DS Letkol. Kav. Syamsul Arifin SE MTr (Han), Kapolres AKBP Eddy S Tarigan SIK dan unsur Pimpinan FKPD lainnya, Pimpinan Organisasi Wanita, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Para Staf Ahli Bupati, para Asisten, pimpinan OD, para Camat, LVRI, Pimpinan OKP, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dengan peserta Upacara terdiri dari barisan TNI/Polri, PNS, OKP, Mahasiswa, Siswa SMA,SMP dan Pramuka.

Ikrar Kesaktian Pancasila  yang dibacakan Wakil  Ketua DPRD Imran Obos SE yaitu Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya : bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya  telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai  Ideologi Negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan, yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Repulik Indonesia. Maka dihadapan tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila  sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk  memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wabup H Zainuddin Mars selaku Irup pada Upacara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila  mengajak seluruh peserta upacara terlebih kepada generasi muda, mahasiswa, pelajar dan pramuka, untuk terus mengenang dan memaknai  sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965.

“Rakyat Indonesia saat itu berjuang  mempertahankan Idiologi Pancasila dari rongrongannya dengan menumpas keganasan dan kekejaman  G30 S PKI ( Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia) yang pada peristiwa itu membuat  gugurnya 7 pahlawan Refolusi. Sejarah ini penting, untuk dikenang agar menggelora  semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila bagi mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Laporan : ZUNI

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling