Joko Widodo Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Sumut

DELI SERDANG, INFODESAKU – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo bersama istri, Iriana Joko Widodo beserta para Menteri Kabinet Kerja, bertemu dengan ribuan pendamping desa dari seluruh Sumatera Utara dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Program Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kantor Bupati Deli Serdang, Lubuk Pakam. Senin, (8/10).

Di hadapan ribuan pedamping Desa Joko Widodo Menyampaikan kepada seluruh pihak agar fokus pada pembangunan infrastruktur desa.

“Saya titip dana yang seperti ini harus tepat sasaran. Oleh sebab itu, ada pendamping desa, pembangunan desa tidak boleh setengah-setengah dan tidak boleh basa basi, ini harus betul bermanfaat,” Ungkpanya.

Dikatakan Jokowi Kepala desa, Pendamping Desa, Guru PAUD, Posyandu dan lainnya harus terintegrasi sehingga dana desa manfaatnya akan dirasakan tidak hanya setahun dan dua tahun saja bahkan bisa 5 atau sepuluh tahun.

“Meski begitu semuanya harus disiapkan dari sekarang kalau tidak, pembangunan desa-desa di Indonesia akan kalah dengan desa-desa negara lain,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi berharap agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan komponen terkait bisa bersama-sama memanfaatkan dan memantau penggunaan dana desa. “Semoga penggunaanya betul bermanfaat bagi rakyat,” ungkap dia penuh harap.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani mengatakan sesuai arahan presiden, pendampingan desa dan pengawasannya terus ditingkatkan. Tahun depan, anggaran desa ditingkatkan dari Rp. 60 triliun menjadi Rp. 73 triliun.

“Kualitas pekerja pendamping desa kami perbaiki dari tadi yang di pusat dan dialihkan di Provinsi, hingga diseleksi menggunakan sistem online,” katanya.

Selain itu, pendampingan juga dilakukan dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dengan sosialisasi serta meningkatkan kapasitas pendamping desa.

Turut hadir pada acara  tersebut Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal RI, Eko Putro Sandjojo , Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Pangdam I BB M S Fadhilah Sabrar,Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan. Dan para Bupati Se Sumatera Utara.

Usai melakukan kunjungan Rapat Koordinasi dengan masyarakat para pendamping desa Se Sumatera Utara  di Balairoom  Lubuk Pakam, Presiden bersama Istri beserta para Menteri dan juga Gubernur Sumatera melanjutkan Perjalanan mengunjungi Pondok Pesantren Mawaridussalam di Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang kuis Kabupaten Deli Serdang  dan sekaligus meresmikan Bank Wakaf yang ada di Pesantren tersebut.

Laporan: ZUNI

Related posts

Viral.! Wisata Terbaik di Lampung Selatan Raih Rekor Muri dan Juara Nasional ADWI 2023

OPTIMALISASI LENGKUAS SEBAGAI BAHAN BAKU SERUM WAJAH DAN HAND SANITIZER

Pembukaan Survival, Bupati Event Berkelas Dunia Potensi Ekonomi Dan Pariwisata