Pesta Laut Desa Karang Serang Ajang Silaturahmi Antar Nelayan

TANGERANG, INFODESAKU – Larungan tradisional dan tasyakuran laut/pesta lau merupakan ajang tahunan yang selalu dilaksanakan oleh warga kampung Sukahati Kali Adem Desa Karang Serang Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang. Merupakan bagian adat dan budaya turun menurun bagi warga nelayan kampung Sukahati Kali Adem Rt 01/06. Minggu, (7/10).

Kegiatan dihadiri, Kepala Desa Karang Serang, perwakikan dari Polsek Mauk, Danramil 09 Mauk yang diwakili Irjen. pol (p) Drs, Eddy Kusuma Wijaya, SH, MH, Mm DPRRI PDI Perjuangan dengan antusias mengikuti berjalannya kegiatan tersebut.

Perhelatan yang di Seponsori oleh PT Gudang Garam, Polairut dan Lantamal itupun terlihat menarik dan mendapatkan animo luar biasa dari warga setempat.

Kasnari yang akrab di sapa Kobra Ketua Panitia mengatakan, seluruh peserta dengan perahu nelayannya masing-masing mengikuti serangkaian kegiatan dengan diakhiri iring-iringan perahu menuju tengah laut.

“Dua ratusan perahu nelayan membawa sesaji yang akan di tebar di tengah laut dan berbagi rizki kepada biota laut mendandakan syukur kami sebagai nelayan kepada Sang Pencipta,” ungkapnya.

Dikatakan Kobra dengan diadakannya Tasyakuaran/ Pesta laut minta keselamatan kepada Alloh SWT dan keberkahan untuk para nelayan kampung sukahati kali adem khususnya Masyarakat Desa Karang Serang.

Lebih jauh Kobra mengatakan bahwa tarsyakuran/pesta laut sangat baik dilakukan setiap Tahun karna setelah diadakan Tasyakuran hasil perolehan nelayan lebih melimpah.

Diakhir wawancara Kobra berharap pemerintah setempat dapat terus mendukung agar kebudayaan Tasyakuran Laut ini terus bisa berjalan dan selalu dilaksanakan di setiap tahunnya.

“Sebagai masyarakat Kampung Sukahati kali adem untuk kedepanya pemintah bisa membantu medanai pelaksanaan Tasyakuran Laut Tahunan,” Pungkasnya sembari tersenyum.

Sementara itu Eddy Kusuma Wijaya mengaku bangga jika masyarakat setempat masih melestarikan budaya turun temurun, terlebih kegiatan tersebut merupakan ajang silatutahmi antar warga yang dikedepankan.

“Saya sangat mendukung adanya acara Larungan  yang masih tetap bertahan di masyarakat nelayan kali adem Desa Karang Serang hingga kini,” Ungkapnya.

Menyoal pembangunan, Lebih jauh Eddy akan memperjuangkan hak masyarakat agar Inspratuktur nelayan sebetulnya harus jadi pehatin pemerintah.

“Infrastruktur tentu harus di benahi sehingga nanti moda trasportasi dari pantai ke darat atau sebaliknya akasesnya harus lebih mudah dilalui, sehingga akses nelayan dengan perahu-perahu kelaut dan sebaliknua harus segera perabiki.” Pungkasnya.

Laporan: M Usen jr/ Abdul Haris

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Puisi Puisi Soleh Sohih