Bupati Bogor Berikan Penghargaan Kepada KRL Desa Cileungsi Kidul

BOGOR, INFODESAKU- Desa Cileungsi Kidul mendapat penghargaan Best Of The Best dari bupati Bogor, Hj. Nurhayanti dalam rangka kegiatan Bogor Kabupatenku Green and Clean, Minggu (7/10) lalu di lapangan Tegar Beriman.

Penghargaan yang di terima oleh Desa Cileungsi Kidul sebagai Kampung Ramah Lingkungan,

KRL Pratama Best Of The Best kepada KRL RW 15 yang telah mengelola Bank Sampah.

Di temui di kantor Desa Cileungsi Kidul, Porlan ketua RW 15 juga sebagai Koordinator KRL kepada infodesaku menceritakan awal terbentuknya KRL di wilayah RW 15.

“Awalnya saya tidak menyangka bahwa KRL yang baru kami bentuk ini akan mendapat penghargaan dari bupati, awal terbentuknya KRL di wilayah RW 15 ini kita libatkan karang taruna dan remaja masjid, dengan cara perlahan kami mengajak masyarakat untuk memulai cara hidup bersih dengan memulai tidak membuang sampah sembarangan, dari situlah kita bentuk Bank sampah yang di kelola olah pemuda karangtaruna dana remaja masjid, caranya yaitu kita ambil sampah sampah ke rumah rumah warga setiap minggu, dan langsung di pilah di tempat yang telah di sediakan di lahan kosong samping masjid, sampah plasti di pisah dengan sampah kertas dan sampah basah seperti sisa sayuran atau sisa makanan kita tampung ke dalam satu wadah yang hasilnya menghasilkan pupuk organik, pupuk ini sekarang sudah bisa di jual dan mwnghasilkan uang, selain pupuk ada juga barang barang bekas elektronik yang sudah rusak di perbaiki terlebih dahulu baru di jual dan hasil penjualan sementara kita jadikan Uang kas.” Paparnya.

Masih kata Porlan, mendapat penghargaan KRL Pratama Best Of The Best menjadi tantangan untuk dapat mengembangkan KRL ke depan.

“Sebagai KRL Pratama kami mendapat tantangan ke depan untuk menjadi KRL Madya sayaratnya agar bisa membina dua KRL Pratama kedepannya, dan ini adalah PR kami kedepan, harapan kami dengan masyarakat kabupaten Bogor kedepan akan lebih mandiri sebab dengan di bentulnya Kampung Ramah Lingkungan (KRL), agar lebih mandiri selain menciptakan lingkungan yang bersih juga bisa memanfaatkan lingkungan untuk kebutuhan rumah tangganya.” Pungkasnya.

 

Laporan : Yani /Panji

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023