DPMPD Kabupaten Sukabumi Gelar Desiminasi Perencanaan Desa

SUKABUMI, INFODESAKU – Dalam rangka mensosialisasikan rencana pembangunan di tingkat desa DPMD Kabupaten Sukabumi menggelar berupa kegiatan Desiminasi Perencanaan Desa yang tergabung di 4 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Ciambar, Cicurug, Parungkuda dan Kecamatan Nagrak. di Aula Kecamatan Parungkuda, Selasa (16/10/2018).

Disampaikan tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jadi Sitiawan, hari ini pihaknya melaksanakan berupa kegiatan Desiminasi Perencanaan Desa, kaitanya dengan perencanaan-perencanaan pembangunan desa yang akan dilaksanakan di tahun 2019.

“Dengan itu memberikan informasi terhadap semua desa, mengenai tahapan-tahapan melalui pemerintah desa terkait pelaksanaan persiapan mengenai kegiatan dianggaran tahun 2019,” terangnya.

Masih kata Jadi, melalui kegiatan ini dirinya menyampaikan juga sesuaidengan aturan Permendagri 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa yang harus dilaksanakan tahapan- tahapanya oleh pemerintah Desa.

“Yang di undang untuk mengikuti kegiatan desiminasi ini yaitu terbagi 3 Kecamatan dari mulai Kecamatan Ciambar,Parungkuda dan Kecamtan Nagrak dari pemerintahan Desa dari mulai Kepala Desa, Sekretaris, termasuk 1 dari unsur LPM di tambah berikut Kasi Pem perwakilan dari 3 Kecamatan itu. Diharapkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan terstruktur mulai dari perencanaan sampai dengan kepada pelaksanaan agar supaya kesinambungan sehingga tidak terbengkalai apa yang sudah direncanakan sekarang untuk melakukan kegiatan di tahun anggaran 2019 jadi perencanaan ini lebih matang,” pungkasnya memaparkan.

Hal senada dikatakan ketua Apdesi Kecamatan Parungkuda Ujang Sopandi yang ditemui usai acara, menurutnya dengan adanya kegiatan ini pada dasarnya kita sedang mempersiapkan anggaran di tahun 2019 itu intinya, untuk memberikan materi-materi terutama dalam Apbdes dan Siskeudes itu yang di bahas tadi, diharapkan semua desa di anggaran 2018 ini bisa melaksanakan Siskudes dengan rapi.

“Hari ini dana untuk Banprov (Bantuan Provinsi) kisaran anggaran sebesar 200 juta, 150 juta untuk Infrastruktur kemudian 30 juta untuk penambahan oprasional perangkat desa dan 15 juta untuk kegiatan desa yang 5 juta untuk Jambore desa, jadi untuk anggaran Banprov tersebut di tahun 2019 alhamdulilah ada kenaikan anggaran,” singkatnya bersyukur.

Laporan : BA

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan