Warung Loa Ciptakan Kampung Ramah Lingkungan

BOGOR, INFODESAKU – Apa yang dilakukan Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari memprogramkan kampung ramah lingkungan Bogor Kabupatenku Green Clean. Dengan merehabilitasi lingkungan dan masalah sampah yang saat ini sudah membentuk bank sampah di Warung Loa RW 12, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, (20/10)

Kampung ramah lingkungan warung loa sudah berjalan 6 bulan dibentuk dengan nama KRL Jabon diketuai Dayat Hidayat. Sampah merupakan masalah besar disetiap wilayah khususnya di warung loa sendiri. Maka dari itu Dayat bersama RW, Kadus dan warga mendirikan bank sampah dengan tujuan menghilangkan sampah dengan cara  memilah dan mengolah sampah dari 145 KK yang sudah masuk 94 KK ke bank sampah.

Dikatakan Dayat, dirinya menambahkan setiap rumah dengan cara mengumpulkan sampah setiap minggu. sampah mulai dari sampah organik maupun non organik, kemudian dimasukan ke bank sampah, dari bank sampah lalu di pilah sampah mana buat kompos atau sampah plastik kita daur ulang yang menjadi nilai ekonomis.

“Ini kita lakukan secara bertahap, respon serta antusias warga dengan didirikanya bank sampah sangat bagus. Sehingga warung loa mendapatkan penghargaan 10 besar untuk pengolahan sampah terbaik di Kecamatan Tamansari,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Mumuh Sekertaris Desa Sukaluyu mengatakan baru pertama kali di Kecamatan Tamansari adanya KRL di Desa Sukaluyu.

“Sementara ini dari pihak pemerintah desa akan mengupayakan bantuan dari dinas terkait. Diharapkan semua masyarakat di wilayah Tamansari bisa meniru KRL dan Desa Sukaluyu menjadi percontohan untuk desa lainya,” singkatnya.

Pendamping Desa Kecamatan Tamansari Aji menuturkan dengan adanya KRL ini sangat positif mudah-mudahan ini bisa ditularkan desa lainya.

“Adanya KRL membangun partisipasi warga dalam mencintai lingkungan, menjaga kebersihan dan mencoba untuk mengilah sampah serta pemanfaatan lingkungan,” imbuhnya.

Laporan : YUD

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau