Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Dandim 0621 Perkuat Sinergi Wujudkan Kabupaten Bogor Gobest Melalui Bapak Asuh Stunting

BOGOR, INFODESAKU – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara, terus memperkuat sinergi untuk mewujudkan Kabupaten Bogor Bebas Stunting (Gobest). Salah satunya melalui kegiatan launching penanganan Stunting sekaligus launching Dandim 0621 Kabupaten Bogor sebagai Bapak Asuh Stunting, yang berlangsung di Makodim 0621 Kabupaten Bogor, Kamis (13/4/23).

Perlu diketahui bahwa penanganan stunting merupakan tanggungjawab bersama dan lintas sektor. Untuk itu sinergi dan kolaborasi lintas sektor terus diperkuat dan ditingkatkan sebagai akselerasi penanganan stunting yang terintegrasi dan komprehensif.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, bahwa penanganan stunting di Kabupaten Bogor tidak bisa dilaksanakan oleh Pemkab Bogor saja, tapi harus dilakukan secara sinergi dengan semua pihak baik instansi vertikal hingga pihak swasta.

“Alhamdulilah saat ini penanganan stunting di Kabupaten Bogor sudah terus meningkat, terlebih adanya dukungan dari pihak swasta juga Kodim 0621 yang hari ini dilaunching sebagai Bapak Asuh Stunting. Sehingga Bogor Bebas Stunting bisa terwujud,” ungkap Plt Bupati Bogor.

Lanjut Iwan Setiawan menyatakan, bahwa keterlibatan TNI dalam penanganan stunting merupakan langkah yang sangat positif dan patut diapresiasi. Dengan sinergi dan kolaborasi antara TNI, Pemkab Bogor dan segenap stakeholder akan memberikan dampak signifikan dalam upaya pengentasan stunting

“Semoga dengan keterlibatan TNI, upaya penanganan stunting akan semakin efektif, salah satunya dalam hal pemantauan gizi anak terutama di wilayah yang sulit dijangkau oleh layanan kesehatan, sehingga cita-cita kita untuk mencapai Bogor bebas stunting dapat terwujud,” imbuh Iwan Setiawan.

Di tempat yang sama, Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara mengatakan bahwa, penanganan stunting melalui program Bapak Asuh Stunting akan dilaksanakan rutin selama tiga bulan kedepan di wilayah Kabupaten Bogor. Bahkan setiap minggunya ia akan bekerjasama dengan posyandu untuk melihat grafik dan memantau kenaikan berat badan anak, dan tinggi badan anak.

“Hari ini alhamdulillah kita laksanakan kegiatan penanganan stunting, yang dilaksanakan di beberapa kelurahan di Kecamatan Cibinong. Setiap harinya nanti bayi-bayi yang sudah kita data akan diberikan susu dan telur. Ini merupakan percontohan dan menjadi suatu percontohan apabila nanti dalam waktu tiga bulan ini ada peningkatan drastis, peningkatan berat badan dan tinggi badan maka akan dilaksanakan lagi di tempat-tempat lainnya,” Papar Plt Bupati Bogor.

Menurutnya, untuk grafik dari penanganan dari awal sampai hari ini. Berdasarkan hasil monitoring penurunannya cukup besar mencapai 4%.

“Untuk hari ini ada 300 orang anak yang kita data, dan akan kita pantau terus setiap minggunya. Pemantauan kami laksanakan di posyandu-posyandu seperti timbang badan dan tinggi badan. Insya Allah akan saya laksanakan, nanti saya juga akan pantau untuk polio di masing-masing kecamatan,” pungkas Dandim 0621. (red)

Related posts

Iwan Setiawan Pastikan Pengamanan Idul Fitri 1444 H Berjalan Dengan Baik

Melalui Layanan Samsat Ngabuburit, Pemkab Bogor Sinergi Dengan Samsat Tingkatkan Budaya Taat Pajak

Iwan Setiawan : Tarling Jadi Sarana Silaturahmi Dan Serap Aspirasi Masyarakat