Taman Wisata Taman Religi Akan Jadi Icon Desa Cibodas

SUKABUMI, INFODESAKU – Pemerintah Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng menggelar musyawarah desa penyusunan perencanaan kawasan perdesaan 2019 untuk rencana pembangunan kawasan Desa wisata di pedesaan, di aula Desa Cibodas, Jum’at (23/11/18).

Ditemui infodesaku usai acara, Camat Bojonggenteng, Anwari mengatakan, untuk penyusunan perencanaan rencana kawasan pedesaan 2019 hari ini difokuskan, karena tema untuk rencana pembangunan itu tentang kawasan desa wisata kawasan pedesaan maka usulan-usulan itu harus mengarah, dalam rangka mendukung kawasan Geopark Ciletuh sehingga kita harus mempunyai sebuah kawasan wisata yang bisa mendukung terhadap kawasan kawasan yang menjadi titik fokus dari pada Pemda provinsi dan kabupaten yaitu kawasan Geopark Ciletuh.

“Dengan usulan-usulan tadi yang sudah disampaikan oleh ketua forum bahwa Desa Cibodas ini akan membuat taman wisata berupa Taman Religi sekaligus untuk taman wisata. Mendukung ke depan karena menjadi fokus dari kabupaten mudah-mudahan dari semua dinas yang ada di kabupaten punya kepentingan untuk mendukung terhadap terwujudnya kawasan wisata di Kecamatan Bojonggenteng ini,” ungkapnya.

Lanjut Camat, terciptanya sebagai kecamatan wisata untuk di wilayah kecamatan bojonggenteng. Kita pasti butuh semua dukungan dari stakeholder baik dari komunitas-komunitas wisata, dari pemerintah, warga masyarakat, peran swasta, maupun BUMN karena setiap yang namanya kegiatan pembangunan tidak terlepas dari 5 komunitas itu.

Lebih jauh, ia berharap, kecamatan ini mempunyai keunggulan kompetitif artinya ada sebuah keunggulan yang dimiliki oleh kecamatan baik dari segi daya tarik wisata maupun dari hal-hal lainnya.

“Kompetitifnya misalkan hari ini virus sudah menyebar dan benda bening bisa menjadi icon-icon Kecamatan Bojonggenteng untuk disebarluaskan ke tamatan lainnya termasuk mungkin taman wisata kolecer juga bisa mendunia, kalau bisa minimal kita berharap bisa menjadi daya tarik wisata baru di wilayah Kabupaten Sukabumi,” harapnya.

Sementara Kasi DPMD Bidang Pemberdayaan, Sultela, menyampaikan, menindaklanjuti kegiatan pembentukan kawasan perdesaan yang mana dulu telah dilaksanakan diseminasi kemudian identifikasi potensi tingkat kecamatan dan pada hari ini, berikutnya yaitu musyawarah desa yang berkaitan dengan penggalian gagasan masalah potensi yang ada di calon kawasan pedesaan kami mungkin cuma fasilitasi karena ada tim koordinasi pembangunan kawasan perdesaan Kabupaten Sukabumi di mana itu terdiri dari 18 perangkat daerah.

“Dari Dinas-Dinas terkait nanti yang akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di desa wisata karena kami akan melaksanakan rapat koordinasi tingkat kabupaten. Sebetulnya Bojonggenteng potensinya bagus  terutama sudah ada fokus Kak Dewi (Forum Komunikasi Kawasan Desa Wisata),” ujarnya.

Masih kata Sultela, untuk itu pihaknya menyambut baik ide-ide yang ada di kecamatan bojonggenteng terutama dengan adanya PIRUS (Pipir Diurus).

“Banyak potensi yang ada di kecamatan Bojonggenteng, sehingga kami dari pemerintah Kabupaten khususnya DPMD karena ada program pembentukan kawasan perdesaan camat mengajukan ke DPMD menyambut baik untuk pelaksanaan pembangunan kawasan perdesaan di kecamatan bojonggenteng,” tutupnya.

Sementara Kades Cibodas Agus Alias menyampaikan, sesuai dengan harapannya menuju masyarakat yang profesional, kemudian menjadikan Desa yang lebih baik dan maju.

“Saya sebagai kepala desa diantaranya mendukung terhadap Taman religius yang berada di RT 14 Desa Cibodas,” singkatnya.

Laporan : DEV

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan