Sekdes dan Bendahara Desa se-Kecamatan Malangbong Ikuti Pelatihan Siskeudes

GARUT, INFODESAKU – Dilaksanakan selama dua hari, dari hari Rabu 21 November hingga Kamis 22 November, sosialisasi Aplikasi Siskeudes yang digelar di Gedung Surayudha Kecamatan Malangbong diikuti seluruh Sekretaris Desa dan Bendahara Desa se-Kecamatan Malangbong.

Kabid Pemdes DPMD Garut, Asep Mulyana kepada infodesaku mengungkapkan, sistem Aplikasi Siskeudes tersebut adalah sistem yang mengakomodir seluruh regulasi terkait dengan keuangan desa, yang mana aplikasi tersebut dirancang secara terintegrasi, user fiendly dan desktop application serta memiliki sistem pengendalian intern yang melekat dan efektif dalam menghasilkan informasi keuangan. Hal ini tentunya akan memberikan rasa nyaman bagi pengelola keuangan di desa dalam mewujudkan akuntabilitas pengelola keuangan desa.

“Silahkan kepada seluruh pemerintah desa agar mengacu kepada permen 20/2018 pengganti permen 113 Tahun 2014 agar dalam pelaporan di tahun 2018 ini sudah bisa menggunakan aplikasi ini,” jelasnya.

Terpisah, Sekdes Desa Cinagara, Didin Rosidin yang juga bertindak sebagai ketua penyelenggara kegiatan sosialisasi ini mengungkapkan, dengan digunakan aplikasi Siskeudes ini bisa memudahkan pelaporan seluruh APBDes dan keuangan yang ada di desa nantinya.

“Penggunaan aplikasi Siskeudes tersebut kebanyakan dari para peserta belum familar dengan aplikasi ini, namun tuntutan pelaporan yang 2018 wajib menggunakan sistem siskeudes,” terangnya.

Lebih lanjut Didin menjelaskan, dari aplikasi Siskeudes tersebut untuk role modelnya Kecamatan Malangbong ditetapkan di Desa Barudua dengan operator Sekdes Barudua Tumirin Effendi.

“Karena memang desa tersebut selangkah lebih maju dan saya pun banyak bertanya sama pak Tumirin,” jelasnya.

Laporan : RIYADI

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan