GMPC Siap Jadi Agen Perubahan dan Sosial Kontrol Setiap Kebijakan Pemerintah

LEBAK, INFODESAKU – Pemuda dan mahasiswa se-Kecamatan Cilograng menggelar pertemuan membahas gerakan di Kecamatan Cilograng bertempat di Saung Pergerakan, Kampung Pasir Bodas, Desa Cikamunding, Minggu (25/11/18). Kegiatan ini di ikuti oleh Puluhan Pemuda dan Mahasiswa asal Kecamatan Cilograng yang tersebar di beberapa Desa.

Hal ini dilakukan mengingat bahwa Cilograng merupakan wilayah Kecamatan paling ujung di Provinsi Banten berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Diperlukan gerak pemuda untuk menjadi agent perubahan, sosial kontrol, dan peka terhadap kondisi selatan yang secara objektif termasuk wilayah diskriminatif dari sektor pembangunan dan kesejahteraan. Dari kondisi inilah maka para pemuda dan mahasiswa sepakat menyatukan visi gerakan.

Dari pertemuan yang dilakukan, dihasilkan keputusan untuk membuat sebuah wadah gerakan yang diberi nama GMPC (Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Cilograng), kata Edi A. Nurjaman selaku ketua terpilih

“Nama ini sudah menjadi kesepakatan bersama yang lain. Kata gerakan berarti organisasi ini senantiasa menghasilkan gerakan perubahan. Mahasiswa dan pemuda berarti yang berhimpun di organisasi ini adalah mereka yg berjiwa muda dan mempunyai pemikiran kritis transformatif,” ungkapnya.

Disamping itu Rizwan Comrade, selaku wakil ketua terpilih menyampaikan bahwa perlunya gerakan konseptual dan praktis menjadi senjata utama pemuda.

“Kedepan GMPC ini akan menjadi wadah refleksi kritis, gerakan counter hegemoni, kebijakan yang tidak pro terhadap warga selatan dan siap untuk berinovasi, khususnya ruang lingkup pemerintahan Kecamatan Cilograng,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Div. Advokasi GMPC, Ahmad Fauzi menambahkan, sudah saatnya gerakan pemuda dan mahasiswa di cilograng di aktifkan kembali sebagai upaya reaktualisasi gerakan.

“Karena nyatanya sudah lama kita passive. Pemuda harus jadi garda terdepan dalam mengontrol setiap kebijakan pemerintah yg tidak pro rakyat,” tegasnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara pembentukan GMPC yang sekaligus mengkaji issu terkini terkait kebijakan pemerintah setempat.

Laporan : SOMANTRI

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling