Dana Desa Bukan untuk Membangun Jarum Jam

GARUT, INFODESAKU – Bergulirnya Dana Desa bantuan Pemerintah pusat geliat pembangunan desa begitu gebiyar di seantero Nusantara, hampir semua desa memprioritaskan pembangunan infrastruktur seperti jalan, TPT atau drainase. Hal yang wajar di tahun-tahun awal seiringnya dengan waktu beberapa desa mulai memprioritaskan DD terhadap pembangunan yang bisa menguatkan perekonomian desa.

Menyadari hal tersebut Kepala Desa Cipareuan, Kecamata Cibiuk, Sudrajat ketika ditemui di lokasi saat melakukan monitor dan evaluasi pembangunan jalan rabat beton di Kampung Cilanjung menjelaskan, untuk tahun depan kami akan lebih memprioritaskan pembangunan penujang pertanian serta pembangunan yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, Jumat (23/11).

Dengan dibangunnya sarana dan prasarana penunjang pertanian maka secara tidak langsung akan menekan atau meminimalisir biyaya produksi dan akan berdampak pada peningkatan pendapatan petani selain itu kami juga memaksimalkan pemamfaatan tanah caraik agar lebih produktif dan meningkatkan PADesa.

“Kalau DD kita gunakan hanya untuk, TPT, drainase, atau jalan utama desa maka sama saja dengan membangun jarum jam berputar terus tidak ada perubahan,” jelasnya.

Sedangkan untuk pembangunan rabat beton Sudrajat menerangkan pembangunan ini merupakan realisasi DD tahun anggaran 2018 dengan nominal Rp. 306.426.800,- volumenya 340x400x0, 15 M lama pengerjaan 30 hari.

“Pelaksananya TPK dengan pekerja warga dari sekitar lokasi pembangunan,” pungkasnya.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan