PKK Miliki Peran Fungsi yang Sangat Penting dan Strategis

SUKABUMI, INFODESAKU – PKK merupakan sebuah gerakan pembangunan nasional yang tumbuh dari bawah, dimana pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Hal ini tentunya mejadi aset yang penting dalam meningkatkan kualitas dan memperluas jangkauan program pembangunan masyarakat  di setiap lini

Oleh karenanya, diperlukan pemantapan kemampuan pengelolaan gerakan PKK  dengan memanfaatkan sumber daya yang lebih berdayaguna dan berhasil guna. Demikian dikatakan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam sambutannya saat membuka Rapat Konsultasi PKK Tahun 2018 yang dirangkaikan dengan Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK di 23 Kecamatan, bertempat di Aula Pendopo Sukabumi, Senin (26/11).

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Ny. Hj. Yani Marwan, M.Pd. serta Penyerahan Kunci Mobil Operasional TP. PKK Dari Bupati Sukabumi kepada Ketua TP. PKK kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, terkait dengan dilaksanakannya rapat konsultasi PKK kali ini dikarenakan PKK mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting dan strategis dalam rangka menyinkronkan program PKK secara berjenjang dengan program pembangunan sehingga PKK sebagai mitra pemerintah peranannya dapat mendorong terwujudnya pembangunan masyarakat.

“Untuk itu kepada para Ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan yang baru saja dilantik, semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab karena sebagai Ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan. Saudara harus dapat mengarahkan agar pelaksanaan program-program PKK kecamatan senantiasa bersinergi dengan program-program pembangunan di tingkat Kabupaten,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan, Rapat konsultasi PKK kali bisa berperan sangat penting dan strategis dalam rangka menyinkronkan program PKK secara berjenjang dengan program pembangunan yang mengacu pada RPJM Kabupaten Sukabumi. Karena PKK sebagai mitra pemerintah peranannya sangat penting dalam mendorong terwujudnya masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri.

“Untuk itu melalui hasil rakor ini, harus ditindaklanjuti oleh kecamatan, guna mensinergikan program kerja dari pusat hingga kecamatan, serta program kerja PKK dengan Perangkat Daerah terkait,” ungkapnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Marwan, M.Pd, mengutarakan, Kegiatan PKK Kabupaten Sukabumi berdasarkan program kerja di Tahun 2018 telah hampir selesai dilaksanakan oleh Sekretaris Pokja I,II, III dan IV. “Adapun prioritas Program di Tahun 2019 akan diarahkan kepada pemberdayaan ekonomi melalui pelatihan di kawasan Wisata Geopark,” singkatnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Perwakilan Kepala Perangkat Daerah Terkait, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Camat se Kabupaten Sukabumi serta undangan lainnya.

Laporan : BEN/HS

Related posts

OPTIMALISASI LENGKUAS SEBAGAI BAHAN BAKU SERUM WAJAH DAN HAND SANITIZER

Pembukaan Survival, Bupati Event Berkelas Dunia Potensi Ekonomi Dan Pariwisata

Paguyuban Pajajaran Anyar Gelar Milangkala Kelima, Hadirkan Seni Budaya Nusantara