Desa Cikarag Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Kopiah

GARUT, INFODESAKU – Berbekal dari salah satu produk rumahan yaitu peci yang berada di Kampung Gunung Cupu, Desa Cikarag, pemdes setempat berniat untuk mengembangkannya dengan mendidik para kader PKK dan kelompok pengrajin yang ada di desa tersebut.

Seperti yang terlihat pada Kami (06/12), di aula kantor desa, puluhan warga tampak antusias mengikuti pelatihan kewirausahaan pengrajin Kopiah yang dihadiri Muspika Kecamatan serta aparat desa setempat.

Camat Malangbong, Teten Sundara dalam sambutannya menuturkan, harus bergotong royong dan selalu bersama-sama dalam setiap pengerjaannya juga harus siap bersaing dengan luar negeri yang lebih murah tapi berkualitas.

“Maka kita harus bisa mengolah dan menyesuaikan pangsa pasar yang diinginkan dan tidak asal buat, artinya harus sesuai dengan peruntukannya yaitu kan kopiah ini adalah agamis maka buatlah design atau model yang punya ciri khas dan punya nilai jual,” ungkapnya.

Lebih lanjut Teten berharap, pelatihan ini jangan sampai seremonial saja harus ada tindak lanjut, nantinya bisa menyerap tenaga kerja yang lebih banyak.

“Kita harus membidik pangsa pasar internasional dengan begitu kita harus mengutamakan kualitas dan kita juga harus punya hak paten agar produk kita tidak di jiplak oleh orang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikarag, Toha Anugrah menuturkan maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini, menggali potensi produk unggulan desa dapam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai tujuan bantuan dana desa yang di kucurkan ke desa.

Laporan : RIYADI

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan