Antisipasi Rawan Psikososial Desa Sundawenang Gandeng LK3 Gelar Diseminasi

SUKABUMI, INFODESAKU – Mengantisipasi terjadinya permasalahan rawan Psikososial di lingkungan masyarakat, Pemerintah Desa Sundawenang Gandeng Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) gelar diseminasi.

Kegiatan tersebut di hadiri Para Kades, Kader, Staf desa, karang taruna yang ada di wilayah Parungkuda di Aula Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (06/12).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari respon pemerintah terhadap kerawanan psikososial yang sering terjadi di masyarakat. Karena memang Parungkuda ini dikategorikan masuk wilayah rawan psikososial,” ungkap Kepala Desa Sundawenang Wahid kepada Infodesaku disela acara.

Menurutnya, terutama permasalahan sosial yang sering terjadi pada anak dan perempuan, misalnya pelecehan pada anak maupun perempuan yang sering terjadi di masyarakat.

“Meskipun di desa kami masalah psikososial itu paling dalam setahun itu satu atau dua kasus. Meski tidak menjadi permasalahan yang krusial tetapi ini harus di respon dengan upaya ditanggulangi bagaimana ke depan permasalahan tersebut bisa di hindari atau tidak terjadi sama sekali,” tuturnya.

“Dengan demikian saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan serta pemahaman bagi masyarakat dalam upaya menangani permasalahan sosial,” harapnya.

Sementara Tenaga Profesi psikolog LK3, Joko Kristianto menambahkan, kegiatan ini sekaligus menginformasikan kepada para kader masalah sosial yang terjadi di masyarakat itu bisa dirujuk ke lembaga LK3. Karena menurutnya, lembaga tersebut merupakan lembaga profesinya bahkan sudah disiapkan mulai dari ahli psikolog, bagian hukum, medis serta yang lainnya.

“Oleh melalui kegiatan ini kita mencoba meringankan beban para kader yang sering menemukan masalah di masyarakat dan seringkali mereka tidak bisa menangani hingga tuntas. Oleh sebab itu kami bisa membantu masalah tersebut sampai tuntas,” tambahnya.

Lebih lanjut kata Joko, lembaganya tersebut dibentuk oleh Kementerian Sosial yang ditempatkan di lingkungan kota dan kabupaten masing masing.

“Karena menurut saya berbuat baik itu harus dengan cara yang baik pula, oleh karena itu tidak bisa hanya niat saja. Kemudian dalam kesempatan ini saya sampaikan apapun masalah yang terjadi dalam keluarga, baik itu masalah ekonomi sosial hukum musibah dan lain sebagainya kami siap membantu,” pungkasnya.

Laporan : BA

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan