Workshop Siskeudes di Buka Wakil Bupati Garut

GARUT, INFODESAKU – Sebanyak 421 kepala desa dari 42 kecamatan sekabupaten garut mengikuti kegiatan workshop dan sosialisasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) tahun 2019 yang diselenggarakan BPKP Jawa Barat di Pendopo Kabupaten Garut. Rabu (13/2/2019).

Kegiatan workshop yang dibuka oleh wakil bupati garut Dr. Helmi Budiman ini bertujuan untuk memberi pembekalan terutama bagi kepala desa sebagai penanggung jawab keuangan desa.

Dalam wawancaranya wakil bupati garut dr. Helmi Budiman menjelaskan, bahwa dengan adanya workshop ini sebagai pembekalan dan tambahan ilmu serta pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang baik dan benar di desa.

“kalau dilihat dari sisi pembangunan masih relatif termasuk pembangunan gedung desa ada yang bagus ada yang kurang tapi walaupun demikian saya syukuri dan kita tetap harus melakukan perbaikan perbaikan sehingga betul-betul pembangunan di desa dapat dengan baik sebab desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional,” jelasnya

Lebih lanjut wabup pun mengatakan, bahwasannya dalam rangka pengawasan diserahkan kepada masing-masing Kecamatan serta inspektorat, untuk selanjutnya kami harapkan pembangunan yang merata di tiap desa supaya perekonomian di Garut makin meningkat terutama di desa.

“Untuk selanjutnya peran serta Pemerintah Kabupaten Garut dalam menciptakan desa berinovatif yaitu salah satunya dengan melaksanakan workshop ini, ada pembinaan dari DPMPD serta inspektorat kita harapkan kedepannya desa itu lebih maju serta bisa mengejar ketertinggalan dari perkotaan,” imbuhnya.

Kabid PEMDES pada Dinas DPMD Doni Adam mengatakan, bahwa workshop evaluasi implementasi sitem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi siskeudes versi 2.0 di kabupaten garut ini menjadikan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang partisiptif, transparan dan akuntabel.

“Dengan menggunakan aplikasi Sikeudes ini adalah untuk mempermudah pengelolaan dan pelaporan keuangan di desa sesuai dengan instruksi dan arahan dari pimpinan dalam hal ini Wakil Bupati Garut mengharapkan dalam semester satu 2019 seluruh desa di wilayah Kabupaten Garut harus menggunakan sikeudes penata usahaan atau pengelolaan keuangan di desa dan ini wajib dilaksanakan oleh desa.” pungkasnya.

Laporan : Suradi/Oki

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Iwan Setiawan Optimis KLA Dapat Terwujud di Kabupaten Bogor Dengan Sinergitas dan Kolaboratif

Momentum HJB ke-541 Camat Sukamakmur Ajak Stakeholder Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat