Genjot Wisata, Kemenpar Gelar Worskhop di Sulut

SULUT, INFODESAKU – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar kegiatan workshop dengan Diaparprov Sulut dengan tujuan meningkatkan SDM steakholder pariwisata agar sadar wisata di hotel Gran Puri Manado, Jum’at (10/5/19).

Acara dibuka dengan sambutan Kadisparprov Sulut yang dibacakan Sekdispar, Joudy Senduk yang mengatakan bahwa para pemangku wisata haruslah dapat merefleksikan unsur-unsur Sapta Pesona , khususnya keramahtamahan yang dirasakan masih kurang dalam melayani wisatawan.

“Keramahan itu kunci dalam melayani. Tanpa itu, jangankan wisatawan asing, turis lokal saja kapok”, ungkapnya

Lebih lanjut Joudy dalam presentasinya mengenai kebijakan pengembangan pariwisata di Sulut mengemukakan bahwa pada tahun 2019 Sulut memiliki target wisatawan domestic sebanyak 2 juta wisatawan dan wisatawan mancanegara sebanyak 200 ribu orang. Target ini diharapkannya dapat memacu pelaku wisata untuk sama-sama berbenah demi memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi wisatawan. Selain itu sinergi diantara stakeholder pariwisata termasuk didalamnya SKPD terkait jelas dibutuhkan.

Sementara itu Kabid Pengembangan Destinasi Jhon H. Paerunan dalam paparannya mengenai strategi pengembangan Destinasi Pariwisata menyatakan bahwa sesuai dengan Undang-undang Kepariwisataan No 9 Tahun 2010, peran masyarakat dalam pengembangan destinasi pariwisata sangatlah vital. Untuk dapat menjalankan perannya ini maka peningkatan SDM masyarakat dalam pengelolaan destinasi mutlak diperlukan. Adapun peran pemerintah dalam hal ini adalah sebagai fasilitator bagi masyarakat.

Narasumber dari Kemenpar Rinto Taufik Simbolon dalam materinya selain menjabarkan implementasi Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari, juga menekankan pentingnya sikap melayani bagi insan pariwisata.

“Pariwisata itu jasa, jasa itu titik beratnya soal pelayanan prima”, pungkasnya.

Acara yang diikuti oleh 50 perwakilan stakeholders pariwisata Sulut yang terdiri dari perwakilan kelompok sadar Wisata (Pokdarwis), Kepala Desa, pengelola destinasi dan Desa Wisata serta beberapa SKPD terkait ini ditutup dengan sesi foto bersama. (Andi/Rina)

Related posts

Momentum HJB ke-541 Camat Sukamakmur Ajak Stakeholder Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Meriahkan HJB Ke-541, Desa Cijayanti Gelar Helaran Budaya Lestarikan Seni Budaya Sunda

Publikasi Kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa