Empat Belas Entitas Raih Opini WTP Dari BPK RI Jabar

BANDUNG, INFODESAKU – Memasuki hari ke 22 bulan Ramadhan, BPK Jawa Barat melaksanakan serangkaian acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Semester I Tahun 2019 atas Pemeriksaan Laporan Keuangab Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018. Adapun pelaksanaan penyerahan LHP BPK Tahap I dilaksanakan pada Hari Senin 27/5 di Auditorium Lantai 5 Gedung BPK RI Jawa Barat jalan Moh. Toha 164 Bandung.

BPK RI Perwakilan Jawa Barat dalam acara tersebut menyerahkan 14 LHP kepada entitas pemeriksaan, yaitu Pemerintah Kabupaten Ciamis, Cirebon, Garut, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sumedang, Kota Bandung, Banjar, Kota Bogor, Kota Cirebon dan Kota Sukabumi.yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Arman syifa, S.ST., M.Acc., Ak.yang mana pada kesempatan tersebut disaksikan langsung oleh Auditor Utama Keuangan Negara V, Dr. Bambang Pamungkas MBA., CA, Ak. Perlu diketahui terdapat 2 Pemerintah Daerah yang tahun ini memperoleh peningkatan opini, yaitu Kabupeten Subang dan Kota Bandung.

Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentangvkewajaran penyajian laporan keuangan. Pemeriksaan tersebut tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraod) dalam pengelolaan keuangan. Bukan merupakan “Jaminan” tidak adanya Fraod yang ditemui ataupun kemungkinan timbulnya Fraod dikemudian hari.

Yang perlu mendapat perhatian bersama adalah permasalahan pengadaan barang jasa yang menimbulkan indikasi kerugian daerah, pengelolaan rekening yang tidak sesuai ketentuan yang dapat menimbulkan potensi kecurangan, pengelolaan aset tetap yang masih bermasalah baik secara penatausahaan maupun manfaatnya maupun pemanfaatannya dan permasalahan pengelolaan PBB P2 yang sampai sekarang masih banyak yang belum tuntas, permasalahan tersebut masih di temukan oleh BPK.

Laporan : Riyadi/ Asep

Related posts

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik