Disduk Sarankan Warga, Manfaatkan Pelayanan Administrasi kependudukan melalui Moling

CIMAHI, INFODESAKU – Tiga hari kerja Pasca libur idul fitri 1440 Hijriyah, nampak pelayanan kependudukan Kota Cimahi penuh sesak dipadati oleh Masyarakat. hal ini terlihat saat team Infodesaku berkunjung secara langsung ke Disdukcapil. Rabu (12/06).

Hal ini dirasakan oleh salah satu pengunjung Arlinda yang sedang mendaftarkan permohonan surat kematian suaminya yang telah 2 tahun ditinggalkannya. Dirinya menuturkan bahwa dengan pelayanan Moling sangat membantu sekali.

“Baru kali ini saya datang untuk mengurus surat kematian suami, engak nyangka bakal sepadat ini,” Cetusnya

Sebenarnya ada yang tidak diketahui masyarakat dalam pelayanan Disdukcapil, yakni dengan menggunakan fasilitas Moling (Mobil Keliling) dari Dinas Kependudukan Kota Cimahi yang sudah lama berjalan. Namun keberadaannya minim diketahui oleh masyarakat, padahal informasi Keberadaan Moling bisa diketahui dari Dinas Kependudulan secara langsung ataupun pihak kelurahan masing masing yang disampaikan juga kepada ketua Rw di Kota Cimahi.

Keberadaan Mobil keliling diperuntukan untuk mempermudah pelayanan pengurusan kependudukan serta pelayanan lainnya. Namun sayang masih banyak yang tidak diketahui keberadaannya oleh masyarakat.

Deni Hapianto selaku Kasie Perubahan Mengatakan, Sebenarnya masyarakat bisa melakukan permohonan pelayanan yang sama seperti di kantor Disdukcapil melalui Moling ini. seperti halnya identitas Kependudukan, Kelahiran, Kematian dan lainnya.

“Jauh sebelumnya kami sudah memberitahukan penjadwalan moling dengan menginformasikan ke pihak kelurahan, yang selanjutnya ditembuskan ke Rw agar sampai ke masyarakat,” Ungkap Deni saat di temui di Pelataran parkir Pasar Atas Baru.

Lebih lanjut, namun demikian antusias warga yang datang untuk mengurus data kependudukan serta lainnya dirasakan kurang pada pelayanan Moling ini, kendatipun ada biasanya hanya 2 persen sekitar 20 warga yang datang.

“Kami tetap bertugas melakukan pelayanan melalui Moling, dan berharap bisa diketahui masyarakat banyak, kami bertugas mulai dari pukul 08,00 sampai dengan selesai, dan setiap harinya kami berpindah tempat,” tambah Deni

Sementara Wiwin warga RT 02/10 Kelurahan Cimahi Kecamatan Cimahi tengah, keberadaan moling sangat membantu dan mempermudah kepengurusan.

“Saya terbantu dan tidak perlu datang ke Disdukcapil, cukup tahu keberadaan moling atau menunggu giliran kedatangan moling, sudah deh langsung dilayani artinya tidak menunggu antri yg lama.” pungkas Wiwin

Laporan : Hermawan

Related posts

Pentas PAI Tingkat Jabar, BUPATI” Lahirkan Generasi Bangsa Berkuwalitas Perkuat Nilai Akidah DI Era Moderensasi”

Pemerintahan Desa Kecapi Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

Penyaluran BLT DD Tahap II Tahun 2023 Desa Tugumulyo Berjalan Kondusif