Kurangnya Pasokan Air, Hektaran Sawah di Sukabumi Terancam Gagal Panen

SUKABUMI, INFODESAKU – Puluhan hektar sawah di Sukabumi tepatnya blok Pamajihan Kampung Citaritih Desa Cibadak Kecamatan Pabuaran terancam gagal panen dalam memasuki musim kemarau puluhan akibat sawah mengalami kekeringan yang cukup parah,sehingga tanaman padi mulai mengering dan terancam gagal panen sehingga petani di pastikan merugi. Jumat (07/06/2019) beberapa waktu lalu.

Dari hasil pantauwan wartawan Infodesaku dilapangan sebanyak kurang lebih 40 hektar sawah di blok pamijahan mengalami kekeringan tanaman padi yang masih berumur seminggu hingga satu bulan mulai kering dan terancam gagal tanam akibat kurangnya pasokan air.

Kekeringan ini, tanaman padi tumbuh tidak sempurna dan mati bahkan tanahpun sudah mulai mengalami retak-retak karena tidak ada pasokan air.

“Kalau begini terus di pastikan kami akan gagal panen,” ucap salah seorang petani inisial (RL/Red) saat di temui di area persawahan.

Lebih lanjut kata (RL) jika dalam satu bulan kedepan areal pertanian masih alami kekeringan petani hanya bisa pasrah dapat di pastikan para petani di blok Pamijahan Kampung Citaritih akan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah, dan para petani berharap pemerintah segera menanggulangi kekeringan yang setiap tahunnya terjadi dan melanda pada petani di blok Pamijahaan, sayangnya yang diperhatikan oleh pemerintah desa hanya lokasi area sawah di lingkungang dekat rumah kadesnya sedangkan sawah yang di lokasi Citaritih seolah-olah di sisihkan tidak di perhatikan.

“Seharusnya melalui dinas terkait pemerintah mau membangun saluran irigasi yang memadai supaya sawah kami cukup air hingga di kemudian hari tidak akan mengalami kekeringan lagi.” jelasnnya

Laporan : Arif Setiawan

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau

1 comentar

Ibu Ennie 14/06/2019 - 18:00

Aduh karunya atuh para petani na..Nyuhunkeun pidu’a na wirehna musim panen seueur hujan..Asal ulah banjir we..Mugia Gusti Anu Maha Suci ngabandungan.

Add Comment