Kampung Terisolir Jadi Prioritas Utama Pembangunan Jalan

GARUT, INFODESAKU – Jalan sepanjang 1,5 kilo yang membelah di Kampung Babakan Jaya RW 02 Desa Campaka Kecamatan Malangbong Garut adalah salah satu akses menuju Kampung Gado Gembol yang terisolir, jalan menuju Kampung tersebut selama ini sulit untuk dilalui oleh kendaraan.

Dengan dikucurkannya dana sebesar Rp. 726..149.000,- dari Dana Desa dimulai tahap 1 sampai dengan tahap 3 Desa Campaka membuat akses ajalan menuju Gado Gembol yang selama ini bisa di bilang terisolir, adapun tahapan yang dilaluinya dari pembebasan lahan, pembuatan jalur yang tentunya menggunakan alat berat (backhoe), pengerasan dan pengecoran rabat beton ditahapberikutnya.

Dalam 32 tahun baru di tahun ini ada pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat ujar Ketua RW 2 iyos dan tokoh masyarakat pak sholeh dari babakan jaya.

Kepala Desa Campaka Ade Kamaludin Menuturkan kepada awak media tatkala ditemui diruang kerjanya perihal pembangunan jalan tersebut, setiap tahun kita harus punya pembangunan yang monumental dan harus ada pembangunan yang bisa di unggulkan, pembangunan jalan tersebut adalah salah satunya.

“Perihal pembangunan jalan itu kita kerjakan secara swakelola tentunya, dimulai dari pembukaan, pengerasan dan nanti pada tahap ke 3 pengecoran,” ungkapnya, Kamis 11/7.

Dulu itu adalah daerah yang sangat angker dan ini adalah salah satu program inovasi desa, masyarakat sekitar juga tadinya terasa mimpi karena tidak tebayang bakal ada jalan.

“Disamping itu miris sekali tatkala melihat anak anak sekolah menenteng separu tatkala akan berangkat kesekolah karena tidak adanya jalan, mereka berjalan menyusuri jalan berlumpur tatkala musim penghujan,” jelas Ade.

Ade berharap, pembangunan jalan tersebut tak lain ingin meningkatkan perekomomian masyarakat karena di kampung tersebut sulit sekali dilalui oleh kendaraan yang nota bene pada akhirnya biaya operasional hasil bumi akan lebih besar tentunya dengan sendirinya pengasilanpun akan berkurang jelasnya.

“Perlu diketahui di atas itu ada 2 perkampungan meliputi Kampung Muncang Gajah dan Kampung Gado Gembol yang mana sumber mata pencaharian mereka sehari harinya bercocok tanam, dari hasil perkebunan mereka itulah tumpuan harapan mereka untuk survive,” ungkap Ade Kamaludin menambahkan.

Disamping itu jalan tersebut juga akses menuju GOR Graha Campaka yang pada waktu itu Pak Dedi kabid Pemberdayaan Masyarakat sedang monitoring ke Desa Campaka, beliau mengacungkan jempol karena punya GOR dengan kualitas terbaik imbuh Ade bangga.

“View kampung Gado gembol sendiri punya keunikan dan keindahan yang bisa membuat anda terpesona akan keindahan viewnya yaitu mengarah ke arah Situ Ciranca Desa Mekarmulya.” pungkas Ade Kamaludin kepada awak media.

Laporan : RIYADI

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan