Disbudparpora Cimahi Gelar Festival Kirab Panganten, Sang Juara Datang Dari Bogor

CIMAHI, INFODESAKU – Antusias peserta dipagelaran Pasanggiri Mapag Panganten Adat Sunda ke-3 Jawa Barat ternyata ramai dikunjungi, pasalnya peserta masih penasaran dengan pengumuman hasil pemenang. Acara yang digelar dipelataran gedung Technopark ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Walikota Cimahi M. Ajay Priatna, bersama Staf Pemerintahan Kota Cimahi. Sabtu (03/8/19) beberap waktu lalu.

Sambil menunggu pengumuman pemenang, banyak peserta dan pengunjung yang dihibur dengan tarian khas sunda Jaipongan juga Bajidoran dari Kabupaten Subang Jawa Barat.

Diperhelatan Festival Kirab Penganten ini banyak hadiah yang diperebutkan, seperti hal piagam juga uang pembinaan. Dengan total hadiah puluhan juta rupiah, Adapun juara akan mendapatkan nilai Uang sebesar 15. 000.000,- 12.000.000,- dan 10.000.000,- selain nilai Uang pemenang juga akan mendapatkan Trophy dan piagam penghargaan. Sementara untuk juara harapan 1,2,3 masing masing akan mendapatkan Uang senilai 7.500.00,- 5.000.000,- dan 4.000.000,- berikut Trophy dan piagam penghargaan.

Berikut para juara yang telah tampil di acara Kirab Festival Mapag penganten 2019:
Juara 1 dimenangkan oleh Sanggar Edas dari Kota Bogor, Juara 2 dimenangkan oleh Sanggar Purwakarta Istimewa dari Kabupaten Purwakarta, dan Juara 3 dimenangkan oleh Sanggar Sekar Wiwitan dari Kabupaten Subang. sementara itu Juara Harapan 1 dimenangkan oleh
Padepokan Jamparing Parikesit dari Kabupaten Sumedang, Juara Harapan 2 dimenangkan oleh
IBS Grup dari Kota Depok , dan Juara Harapan 3 dimenangkan oleh Studio Tari 15 dari Kota Cimahi yang merupakan kota penyelenggara Festival.

Adapun juara Lengser Terbaik dimenangkan oleh Indra dari Sanggar Kencana Arum Kota Bandung, sementara pemenang Penataan Musik Terbaik dimenangkan oleh Gustiar dari Sanggar Edas, Kota Bogor.

Untuk Penataan Tarian Terbaik dimenangkan oleh Ane Wulan dati Sanggar Purwakarta Istimewa Kabupaten Purwakarta, dan Penataan Kostum & Artistik Terbaik dimenangkan oleh Sanggar Edas Kota Bogor.

Ero kusnadi kepala bidang Budaya dan Pariwisata kota Cimahi mengucapkan Selamat kepada para Juara,

“Ini hasil terbaik dan layak untuk menjadi juara, ” Ucap Ero Kusnadi

Ero membahkan jika kegiatan pasanggiri upacara mapag panganten ini bukan hanya sekedar pagelaran, melainkan sebagai upaya/ikhtiar pelestarian serta pengembangan seni budaya, juga strategi untuk mendatangkan kunjungan wisatawan dari luar cimahi,” imbuhnya.

Dan yang menariknya, kegiatan serupa ini akan digelar di Gedung Sate untuk kedepannya. Hal ini dikatakan Ero, setelah Wakil Gubernur Jabar menyampaikan karena tertarik dengan Festival yang diselenggarakan ini,

“Beliau tertarik, kedepannya akan di lakukan di gedung Sate.” Pungkasnya mengutif apa yang disampaikan oleh Uu Ruzhanul Ulum.

Laporan : Hermawan

Related posts

Melalui Musdes Tim Penyusun RKP Desa Mulai Dibentuk

Satu lagi Posyandu Diresmikan Kades Cimandala

Delapan Fraksi DPRD Lampung Selatan Setujui 4 Paket Raperda Jadi Perda