Ronny : Antisipasi Sampah Dengan Maggod, Dapat Jadikan Sebagai Usaha Baru

CIMAHI, INFODESAKU – Saat kami berkunjung ke meja kantornya, Tampak Mochamad Ronny sedang membereskan berkas, namun demikian dengan sangat terbuka beliau mempersilakan kami berdua duduk bersama. kehangatan perbincanganpun mulai terasa
Mengingat Ronny yang belum lama menjabat kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi mengajak berbincang seputar hewan Maggot

Ketertarikan Kami dengan sosok kepala Dinas ini mengajak untuk berternak hewan Maggot yang erat kaitannya dengan sampah.

Maggot adalah sejenis belatung yang termasuk keluarga Lalat atau black soldier flys hermetia illucens, yang menurut tim peneliti ilmu hayati Institut Teknologi Bandung (ITB) budidaya Maggot dapat mengatasi limbah Organik.

Ronny memaparkan dengan budidaya Maggot merupakan inovasi baru, dan bisa menanggulangi sedikit permasalahan sampah dikota Cimahi. Menurut Roni, maggot Pakannya tidak susah, bisa dari sampah organik yang biasa kita hasilkan.

“Bayangkan jika budidaya Maggot bisa berjalan dan terus berkembang dari satu orang peternak saja, tentu bisa menghabiskan sampah organik dirumah,” ungkap ucap Ronny Selasa (06/8/19).

Selain bisa mengurangi limbah sampah, tentu Ini akan menjadi nilai ekonomis untuk bisa menghasilkan rupiah dengan beternak Maggot akan memiliki nilai jual terhadap Budidaya Lele dan Burung.

“Bayangkan jika sudah berjalan bukan hanya sampah saja yang bisa berkurang, namun nilai ekonomis juga bisa kita hasilkan,” tambahnya.

Ronny berharap, semoga program ini bisa berjalan sesuai harapan, karena semakin banyak orang yang berternak Maggot, kemungkinan besar sampah Organik menjadi berkurang.

“Untuk itu Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi sampai saat ini telah membina 40 Rw untuk budidaya Maggot.” Pungkasya.

Laporan : Hermawan

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi