Tiga Pilar Pembangunan Desa Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI, INFODESAKU – Kepala Dinas DPMD Kabupaten Sukabumi H. Tendy sebut tiga pilar pembangunan desa dikabupaten Sukabumi jelang pilkades serentak 2019 di gedung PKK Palabuhanratu.

3 Pilar Pembangunan Desa tersebut yakni
1. OVOC ( One Valage One Campany )
2. Desa Digital ( Pelayanan Masyarakat Yang Berbasis Android)
3. Gerakan membangun Desa (Gerbang Desa ).

Disamping itu Kadis mengatakan bahwa jelang pilkades serentak terlihat begitu respon baik dari masarakat pasalnya di hari kedua pendaftaran bakal calon pilkades serentak pada tahun ini sudah mencapa ratusan lebih yang sudah mendaftar, kata kads ketika jumpa pers dengan bupati dan awak media, Rabu (11/09/2019

Kemudian kadis menyampaikan, sebagaimana diamanatkan dalam Perbub 51 tahun 2015 Junto Perbu 26 tahun 2017 bahwa dalam 6 tahun harus dilaksanakan Pilkades secara serentak sebanyak 3 gelombang, dan pembiayaan nya menjadi kewajiban Pemkab Sukabumi

Pada tahun ini, tahun 2019 dilaksanakan gelombang ke 3 yang sebelumnya telah dilaksanakan gelombang pertama sebanyak 70 Desa pada tahun 2016 dan gelombang ke dua diikuti oleh 71 Desa pada tahun 2017.

“Pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini atau gelombang ke tiga, akan dilaksanakan tepatnya pada hari minggu, tanggal 17 Nopember 2019,” ujarnya.

Menurutnya sekarang ini sudah memasuki tahapan pemutahiran data terhadap calon pemilih yang mana waktunya tanggal 2 september sampai dengan 4 Nopember 2019 nanti.

“Sekarang sudah memasuki tahapan pendaftaran bakal calon Kepala Desa yang dimulai sejak tanggal 9 September dan akan berakhir pada tanggal 19 september 2019, apabila jatuh pada sampai tanggal 19 september nanti belum ada yang mendaftar atau yang mendaftarnya kurang dari dua orang, maka pendaftaran diperpanjang hingga sampai tanggal 24 september 2019.” terang Tendy Kadis DPMPD

Kadis menambahkan dengan penuh antusiasnya masyarakat untuk mencalonkan diri sebagai kepala Desa.

“Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar selama dua hari sejak senin-selasa sekira puk 20.00, WIB yang daftar sudah mencapai 274 orang bakal calon kepala desa.” tutup kadis.

Laporan : Dev /BA

Related posts

Bersama Warga Babinsa Lakukan Musyawarah Penanganan Kekeringan

Warga Desa Cadasngampar Terima Bantuan Air Bersih

Musrenbangdes Cilebut Timur Infrastruktur Masih Jadi Prioritas