Komitmen Kades Limbangan Tengah Terhadap Stunting

GARUT, INFODESAKU – Dalam acara rembug stunting Desa Limbangan, Tengah Kecamatan Balubur Limbangan yang dihadiri Anggota BPD dan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Kades Tata Sumirta berkomitmen dalam pencegahan dan penanganan stunting. Kamis, (3/10) kemarin.

Kades Tata Sumirta dalam sambutannya menyampaikan komitmen keseriusan dalam pencegahan dan penanganan stunting dengan memprioritaskan usulan dari Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang menuntut lima layanan konvergensi intervensi stunting agar dimasukan kedalam APBDes tahun 2020.

“Mengingat pentingnya kesehata warga maka sudah menjadi kewajiban pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat,” tegasnya.

Sementara KPM Nunik menjelaskan tuntutan KPM itu merupakan hasil pendatan dari lapangan yang bekerjasama dengan kader Posyandu yang memang Limbanga Tengah memerlukan layanan kesehatan yang maksimal khususnya lima layanan konvergensi stunting dimana layanyan tersebut meliputi, layanan kesehatan dan gizi ibu dan anak, konseling kesehatan dan gizi, layanan air bersih dan sanitasi yang baik, jaminan sosial/ kesehatan dan layanan Pendidikan Usia Dini ( PAUD).

“Dari lima layanan tersebut yang paling urgen itu layanan air bersih dan sanitasi yang baik,” jelasnya.

Komitmen Kades tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Ketua BPD Deden Somantri hal tersebut disampaikan Deden dalam sambutanya sebagai wakil masyarakan sudah seharusnya memperjuangkan hak- hak masyarakat salah satunya lima paket layanan konvergensi.

“Dengan tersediyanya layan kesehatan yang maksimal kedepannya Desa Limbanga Tengah melahirkan generasi yang sehat, cerdas dan taqwa,” pungkasnya.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan