Kabupaten Garut di Percaya Gelar GALA DESA 2019

GARUT, INFODESAKU – Gala desa merupakan ajang olahraga tahunan dari Kemenpora untuk tahun ini Kabupaten Garut kembali dipercaya untuk melaksanakan agenda tersebut, Bupati H Rudy Gunawan meresmikan sekaligus membuka turnamen Gala Desa 2019, di lapangan Kerkoff jalan Merdeka Kecamatan Tarogong Kidul. Jum’at, (11/10) kemarin.

Dalam sambutannya Rudy Gunawan menyampaikan bahwa Pemkab Garut akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kulaitas olahraga melalui Dispora sebagai liding sektor untuk pembinaan dan KONI Kabupaten dalam prestasi.

“Kita ingin menyatukan berbagai potensi yang ada di 42 kecamatan dan 421 Desa dengan mengembangkan kegiatan olahraga, kita mempunyai kewajiban untuk bisa menyehatkan menyehatkan masyarakat dengan berolahraga,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati pun menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi bagian baru bagi kita dimana Kabupaten Garut diberi kesempatan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menggelar Gala Desa yang akan mempertandingkan 4 cabang olahraga yaitu atletik, bulutangkis, tenismeja dan sepak bola. Pada tahun 2020 Kabupaten Garut akan membangun stadion sepak bola dengan berkapasitas 20.000 orang yang akan dimulai pada tahun depan dengan pelaksanaan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, kami beserta Ketua Umum KONI Garut, berusaha untuk menjadi tuanrumah sebagian cabang olahraga PORDA tahun 2022.

“Selain lapang sepak bola, kita akan membangun sarana olahraga Aquatic, kita inginkan menjadi yang terlengkap diwilayah Priangan timur,” tuturnya.

Pagelaran Gala Desa mendapat apresiasi dan dukungan dari Apdesi Garut akan tetapi karena keterbatasan anggaran maka hanya beberapa perwakilan desa saja yang bisa mengikuti Gala Desa kali ini, untuk itu Bupati berharap melalui Asdep Kemenpora bisa memberikan tambahan angaran bagi kegiatan Gala Desa Ini.

Dalam Laporannya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Drs H Kuswendi mengatakan turnamen Gala Desa ini akan mempertandingkan 4 cabang olahraga diantaranya Bulutangkis, Tenismeja, Atletik dan Sepakbola dengan jumlah peserta Atletik diikuti oleh 67 desa dari 14 kecamatan dengan total peserta 130 dan waktu pelaksanaan tanggal 12 -15 Oktober 2019 tempat lapang Kerkoff, Cabor Bulutangkis diikuti 45 desa dari 28 kecamatan dengan total peserta 132 orang dan waktu pelaksanaan tanggal 12 – 15 Oktober 2019 bertempat di GOR SMA Negeri 1 Garut, Sepakbola diikuti oleh 23 desa dari 19 Kecamatan waktu pelaksanaan 12 – 20 Oktober 2019 digelar dilapangan sepakbola Bayongbong dan Tenismeja diikuti oleh 45 desa dari 23 kecamatan dengan total peserta 185 orang waktu pelaksanaan tanggal 18 – 20 Oktober 2019 tempat GOR beladiri Sor Ciateul Garut.

Kuswendi juga mengungkapkan rasa bangganya atas kepercayaan Kemenpora untuk menyelenggarakan Gala Desa dimana untuk Jawa Barat dilaksanakan didua kabupaten saja yaitu Garut dan Kuningan.

“Garut dipercaya Kemenpora untuk menggelar Gala Desa dengan pertimbangan bahwa kabupaten Garut merupakan daerah yang sangat berpotensi dengan memiliki atlet yang sudah banyak meraih prestasi ditingkat Nasional maupun Internasional,” pungkasnya.

Laporan : Oki/ Suradi

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan