Musrenbangdes Belambangan Dahulukan Skala Prioritas

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintah Desa Belambangan Kecamatan Penengahan gelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2019, yang bertempat di Gedung Ruang Kelas SDN Belambangan. Kamis, (17/10)

Acara tersebut dihadiri Camat Erdiyansyah. SH.MH beserta jajaran, Tim P-PKK, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Bidan Desa dan Tokoh masyarakat lainnya.

Dalam Laporannya selaku Ketua Pelaksana acara Musrenbangdes Rohimudin, yang juga merupakan Kaur Perencanaan dan Pembangunan mengatakan kegiatan ini meupakan agenda rutin tahunan yang wajib dilaksanakan guna menampung usulan dari tiap dusun yang akan menjadi skala prioritas ditahun 2021.

“Maksud dan tujuannya yakni menyerap aspirasi masyarakat atau usulan tentang pencanaan pembangunan hasil dari musyarah dusun,” jelasnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Yahman, menyampaikan rasa terimakasihnya, atas kehadiran para peserta untuk membahas rencana pembangunan. Musrenbang ini merupakan syarat mutlak untuk rencana pembangunan di tahun 2020 berdasarkan usulan- usulan dari tiap dusun yang akan menjadi sekala prioritas.

“Berawal dari Musdus maka pada hari ini dilakukan perengkingan untuk menentukan skala prioritas,” jelasnya.

Kades juga menyampaikan pembangunan yang sedang dilaksanakan diantaranya Balai kemaslahatan, realisasi bantuan Balai Besar Propinsi berupa bantuan Sumur Bor sebanyak 2 titik, Pamsimas, dan banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Terkait hal ini saya juga sangat mengharapkan janganlah ada perbedaan suku ras ataupun agama mari kita bersama membangun desa kita menjadi lebih baik lagi.

Sementara Camat Erdiyansyah. SH.MH mengatakan acara Musrenbangdes ini merupakan yang kedua dilaksanakan pada hari ini dimana sebelumnya Desa pisang saat pagi tadi dan sekarangini Desa Pisang.

“Seiring dengan waktu dimana tahun ini untuk Bidang pembangunan yang mencapai 70%. Namun kedepan untuk lebih di fokuskan di Bidang Pemberdayaan seperti kegiatan PKK, Karang Taruna, pelatihan dan pembinaan, guru ngaji Paud, serta Linmas sangatlah penting,” paparnya.

Camat pun sangat mengapresiasi tentang kesadaran masyarakat Desa Belambangan yang taat membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB) hingga mencapai Seratus Persen, ini bentuk timbal balik dari masyarakat yang sadar membayar pajak dan pemerintah menggelontorkan anggaran dan bantuan untuk pembangunan desa.

Laporan: R. YS

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan