Desa Pematang Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan BUMDes

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintahan Desa Pematang Kecamatan Kalianda menggelar pelatihan pengelolaan BUMDes, selain peserta turut hadir pula Kabid Ekonomi DPMD kabupaten Sampoerna, Kepala Desa Edi Hamzah, Ketua BPD M. Dinar, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ketua BUMDes Ivan Mahrawi dan para kadus bertempat diaula desa. Rabu, (23/10) lalu.

Kabid Ekonomi Dinas PMD Sampoerna menjelaskan selain sosialisasi acara ini juga sekaligus pelatihan pengelolaan BUMDes, agar pengurus memahami dengan benar apa tugas pokok dan pungsi dari BUMDesa tersebut, setelah mengetahui mereka bisa menjalankannya sesuai dengan potensi dan kebutuhan warga desa serta bisa membuka unit – unit usaha yang pas atau cocok.

“Semoga BUMDes Pematang berjalan sehingga memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan mensejahterakan warganya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Edy Hamzah mengungkapkan kegiatan BUMDes akan dikembangkan dengan merangkul para pelaku usaha rumahan danbpengrajin serta mengembangkan usaha dibidang sarana pertanian, pariwisata agar menghasilkan dan meningkatkan PADes.

“Desa Pematang ini memiliki banyak potensi untuk dikembangkan semoga dengan BUMDes bisa terakomodir,” ungkapnya.

Edy Hamzah menambahkan langkah BUMDes harus diawali dengan mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berpengalaman dalam menjalankan usaha agar kedepannya bisa memajukan desa.

“Kami akan mengembangkan usaha madu, keripik melinjo dan yang lainnya yang terpenting untuk memajukan desa,” tegas Edy Hamzah.

Hal senada diucapkan Ketua BPD M. Dinar dimana Desa Pematang itu Kaya semua ada didesa ini hanya untuk mengembangkannya membutuhkan modal.

“Semoga dengan adanya BUMDesa ini bisa mengatasi kemiskinan,” pungkasnya.

Laporan : WIJI LASTIANI/BR

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi