Pemdes Canggu Adakan Musdus Jelang Musrenbangdes Untuk Tahun 2020

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintah Desa (Pemdes) Canggu Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, melakukan tahapan dasar dengan melaksanakan Musyawarah Dusun (Musdus) yang selanjutnya akan di lakukan dan di bahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Tahun 2019, Desa Canggu Kecamatan Kalianda.

Seperti yang di lakukan oleh Dusun 06 Kubu Panglima, Desa Canggu Kecamatan Kalianda ini, menjelang Musrenbangdes Desa Canggu Dusun 06 Kubu Panglima, untuk yang pertama kalinya sudah melakukan tahapan tersebut, dari sejumlah 07 Dusun dan 18 Rukun Tetangga (RT) Desa Cangggu tersebut.

Kegiatan Musdus ini di laksanakan di kediaman Kepala Dusun 06 Kubu Panglima yang dihadiri Sekretaris Desa (Sekdes) Sahruddin, pengurus BPD, Kadus dari Dusun lain, Ketua RT, Linmas, beserta Tokoh masyarakat di dusun setempat. Senin, (03/11/2019) kemarin.

Sahruddin selaku Sekdes Canggu dalam kegiatan tersebut menyampaikan, musdus ini di lakukan merupakan tahapan dasar sebelum Musrenbangdes nanti.

“Tahapan tersebut dari musdus yang nantinya akan di susun di Rencana Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) Anggaran Dana Desa ( ADD) dan Dana Desa (DD) pada Tahun 2020 mendatang,” Jelasnya.

Sementara Solihin, selaku Kepala Dusun (Kadus) 06 Kubu Panglima saat kegiatan tersebut mengatakan, Musdus ini setiap tahun secara rutin.

“Musdus ini di lakukan dengan tujuan menjaring aspirasi, usulan, uneg- uneg, masyarakat, tentang apa yang akan menjadi prioritas pembangunan di Dusun 06 Kubu Panglima tersebut, baik di Bidang Sosial, Pertanian, Kesehatan, Pedidikan, dan lain – lain,” Ucapnya.

Lebih lanjut, Musyawarah tersebut mayoritas warga Dusun 06 ini mungusulkan, untuk Pembangunan infrastruktur dan sepakat untuk di laksanakan yakni pembukaan Badan Jalan, Pengerasan Jalan Rabat Beton dan Pembangunan Posyandu dan Pembangunan Mushola”. Papar Kadus saat menyampaikan aspirasi masyarakat di acara Musdus 06 Desa Canggu.

Di akhir Solihin berharap masyarat kami apa yang sudah disepakati di musdus ini untuk di tetapkan dalam Musrenbangdes nanti.

“Intinya yang lebih terpenting lagi ada dan tertera di Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Desa Canggu, serta terealisasikan dan di laksanakan, bukan hanya sekedar bentuk pelengkap atau formalitas saja.” Pungkasnya.

Laporan : Sol/R.YS

Related posts

255 Peserta Semarakkan Kegiatan Pasang Giri Ibing Silat Antar Paguron

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023