Pengurus dan Anggota BPD Desa Harus Jalankan Tugas Sesuai Tupoksi, Pemdes Mesti Siap Terima Kritikan Dari BPD

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Kecamatan Cibungbulang Bogor Menggelar Bimbingan Tekhnis (BIMTEK) Peningkatan Kapasitas Pengurus dan Anggota BPD Desa Se-Kecamatan Cibungbulang, agenda kegiatan dilaksanakan di Hotel Bahtera Pelni Puncak-Bogor. Selain Pengurus dan Anggota BPD Kegiatan dihadiri unsur Forkopimcam Cibungbulang, DPMD Kabupaten Bogor, dan Pendamping Desa. Selasa, (26/11).

Pendamping Desa Kecamatan, Deden Rahmanudin dirinya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan peningkatan kapasitas BPD Desa Se-Kecamatan Cibungbulang dengan tujuan menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan pemerintah kecamatan dan steakholder yang ada. Pengurus dan Anggota BPD diberikan pembekalan materi sesuai dengan undang-undang Desa No.06 tahun2014 dan Permendagri tahun 2017.

“Bila Semua BPD telah diberikan pemahaman, maka harus menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai tupoksi dan peraturan perundang-undangan. Dan suka tidak suka Pemerintah Desa harus menerima keritikan dari BPD. Misalkan ada sesuatu yang kurang tepat sasaran dari pembangunan fisik infrastruktur maupun non fisik, pihak Pemerintah Desa harus siap menerima keritikan dari BPD,” ungkapnya.

Saat diwawancara Ketua BPD Desa Cijujung, Jaenudin menanggapi kegiatan Bimtek. Menurutnya peran dan tugas BPD sangat penting dalam mengawasi kinerja pemerintah desa dan menjadi wadah perwakilan masyarakat untuk turut berpartisipasi pada proses pembangunan Desa.

“Tugas kami sebagai BPD untuk melakukan pengawasan kinerja pemerintah desa dan menampung serta menindak lanjuti aspirasi masyarakat, difahami BPD juga sebagai media untuk membangun relasi hubungan antar tokoh dengan masyarakat yang tergabung dalam lembaga desa untuk bersam-sama mengelola Desa.” pungkasnya.

Reporter : Iwan
Editor : Fauzi

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan