Pemdes Ciderum Capai IDM 0.7371 Masuk Kategori Sebagai Desa Maju

BOGOR, INFODESAKU – Pasca pilkades serentak, ramai pembicaraan disebagian kalangan warga masyarakat Desa Ciderum soal Indek Desa Mandiri (IDM). Dikalangan masyarakat awam Warga Desa Ciderum dikatakan Pemerintah Desa Ciderum tahun 2019 desanya masuk kategori desa tertinggal, hal tersebut ditepis oleh Kepala Desa terpilih Asep Hudri (AKEP) Kepala Desa Ciderum masa periode 2020-2026 yang akan dilantik pada Januari mendatang, Selasa, (3/12) lalu.

Tepisannya disampaikan pada kesempatan dirinya memberikan sambutan diacara Maulid Nabi Muhammad SAW di Kampung Batu Kembar RT 04/03, ia menuturkan Desa Ciderum saat ini telah menunjukan perubahan dan kemajuan dibidang infrastruktur dan lainnya itu semua atas partisipasi, dukungan dan kerja keras masyarakat desa Ciderum.

“Desa Ciderum dikatakan desa tertinggal itu hoaxs itu fitnah tidak benar, silahkan masyarakat semua dapat cari informasi silahkan tanyakan kepada pihak pemerintah kecamatan maupun kabupaten. Sebagai kepala desa bersyukur IDM desa Ciderum tahun 2019 masuk kategori sebagai Desa Maju dengan IDM 0.7371 Sekecamatan Caringin kedua dari 12 Desa setelah Desa Caringin dari jumlah 416 Desa Se-Kabupaten Bogor, ini semua terwujud atas dukungan dan kerja keras masyarakat Desa Ciderum, kami sebagai Kepala Desa hanya menjembatani saja,” ungkapnya ditengah jama’ah maulid Majlis Asyifa.

Kantor Desa yang letaknya berada ditengah pasar Cikereteg yang nampak kumuh, Kepala Desa saat ditanya soal Kantor Desa Ciderum yang kondisinya jauh lebih bagus dengan kantor-kantor desa lain, Asep Hudri memgakui dam membenarkan dikarenakan Pemerintah Desa tidak dapat menggunakan Dana Desa (DD) atau dana Bantuan Provinsi Jawa Barat (Banprov) diperuntukan untuk membangun atau merehab kantor desa.

“Pihak pemerintah bukan berdiam melihat kondisi kantor desa, mesti diketahui oleh masyarakat bahwa pengunaaan Dana Desa atau dana Banprov mesti jelas data pendukungnya. Status tanah dan bangunannya itu milik PD Pasar Cikereteg, dari status legalitas tanahnya saja bukan tanah milik desa atau hibah. Kami bersyukur dan berterimakasih kepada PD pasar cikereteg telah memberikan tempat untuk aktivitas pelayanan kerja pemerintah desa kepada masyarakat. Walaupun kondisi kantor seperti itu, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” ucapnya kepada media.

Dengan nada serius Kepala Desa Ciderum kepada sebagian masyarakat mengingatkan janganlah menyebar fitnah ini itu, kami sebagai kepala desa telah berupaya mengajukan agar kantor desa dapat dibangun dan atau direhab namun tidak disetujui karena status legalitas tanahnya. Pemerintah Desa bukan tidak memiliki tanah untuk dapat dibangun kantor desa, namun tanah itu oleh salah satu mantan kepala desa yang telah meninggal tanahnya dijual.

“Masyarakat yang tahu persis permasalahannya jangan pura-pura tidak tahu terus menyebar fitnah. ayolah bersama-sama bahu-membahu memajukan desa dengan tugas dan kemampuannya masing-masing. Karena Desa Ciderum adalah milik semua warga masyarakat, kalau bukan kita semua siapa lagi yang akan memajukan dan merawatnya,” tegasnya.

Masih kata Akep, dirinya menambahkan menurutnya pemerintah desa dalam menjalankan program sejalan dengan program panca karsa kabupaten bogor, salahsatunya upaya yang dilakukan Forum Masyarakat RW 08 Kampung Ciletuh dalam menangani persoalan sampah, kami pemerintah desa sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pengelolaan Bank Sampah Terpadu Berbasis Incinelator.

“Salah-satu program panca karsa yaitu bogor sehat, melalui pengelolaan sampah diwilayah Desa Ciderum pilot projectnya di RW 08 ini bukti wujud mensukseskan linkungan yang sehat dan bersih. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisifasi terlaksananya program bank sampah. Ini bukti nyata pemerintah bersinergi dengan masyarakat terus berupaya memajukan desa diberbagai bidang.” pungkasnya.

Laporan : : Fauzi

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau