Forum Komunikasi Guru Ngaji Kabupaten Lampung Selatan Resmi Dikukuhkan

LAMSEL, INFODESAKU – Forum Komunikasi Guru Ngaji (FKGN) Kabupaten Lampung Selatan, periode Tahun 2019 hingga Tahun 2024, resmi dikukuhkan di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan, Senin (16/12/2019).

Pengukuhan pengurus berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lampung Selatan, Nomor B / 576 / I.04 / HK / 2019, dilakukan oleh Staf Ahli Bupati, Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Burhanuddin, SH, MH. Sedangkan Ustad Nurhasan, juga menyanggupi untuk menahkodai FKGN Kabupaten Lampung Selatan, untuk Lima Tahun kedepan.

Kepala Bagian Bina Spiritual Mental dan Kemasyarakatan Setdakab Lampung Selatan Drs. A. Kholil selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, kepengurusan FKGN Kabupaten Lampung Selatan sudah lama terbentuk, namun belum dikukuhkan.

“Jadi kalau sudah dikukuhkan ini berarti sudah resmi dan berbadan hukum disetujui organisasinya di Badan Kesbangpol kita,” tuturnya.

Kholil juga melaporkan, selain melaksanakan pelantikan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah menyalurkan insentif kepada Guru Ngaji di Tahun 2019.

“Alhamdulillah , hari ini simbolis kita serahkan, karena dananya sudah masuk ke rekening masing-masing. Ini adalah salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Plt Bupati H. Nanang Ermanto kepada para Guru Ngaji, ” kata Kholil.

Sementara itu, mewakili sambutan Bupati Lampung Selatan, Staf Ahli Bupati Burhanuddin menyambut baik atas dikukuhkannya forum Guru Ngaji itu.

Dirinya sangat beruntung dengan terbentuknya FKGN, stigma Guru Ngaji yang selama ini sebagai profesi yang terpinggirkan dan tidak pernah mendapatkan apresiasi yang bisa dihilangkan.

“Eksistensi Guru Ngaji ini sudah ada sejak dahulu, bahkan sebaliknya, seiring dengan mulai berkembangnya agama Islam di Indonesia. Begitu besar peran guru dalam mengembangkan ilmu pengetahuan agama. Tidak hanya membaca Al-Qur’an, pendidikan mental spirtual secara luas, ”kata Burhanuddin.

Untuk itu, dalam sambutannya dia juga menyambut ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-setingginya atas peran Guru Ngaji.

“Terimakasih kami sampaikan, sudah diundang, ke depan Pemerintah Kabupaten Lampung selatan akan selalu dapat diminta untuk memberikan perhatian kepada para Guru Ngaji,” katanya.

Diakhir, juga dapat membantu, dibahas para guru ngaji dapat membantu serta memberikan kontribusi dalam bentuk pemikiran dan kiprah nyatanya di tengah-tengah masyarakat. Bernilai, dapat tercipta masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan agama.

“Saya berharap dengan terbentuknya forum ini, maka eksistensi guru ngaji kedepan akan lebih baik dan dapat meningkatkan aktif juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas iman dan taqwa masyarakat dan juga memajukan pendidikan non formal, khususnya pendidikan baca tulis Al-Qur’an dan bersama juga membina anak didik untuk menambah aqidah dan akhlak yang mulia. ”pungkasnya. 

Laporan : az/R.YS

Related posts

Pentas PAI Tingkat Jabar, BUPATI” Lahirkan Generasi Bangsa Berkuwalitas Perkuat Nilai Akidah DI Era Moderensasi”

Pemerintahan Desa Kecapi Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

Penyaluran BLT DD Tahap II Tahun 2023 Desa Tugumulyo Berjalan Kondusif