Posko Bersama Untuk Membantu Korban Longsor di Kecamatan Sukajaya

BOGOR, INFODESAKU – Bantuan logistik dari kementrian sosial bagi korban tanah longsor di kecamatan Sukajaya, kabupaten Bogor di salurkan melalui Posko Bersama DPP IKA alumni STKS Bandung-Yayasan Sakura Indonesia Al Jamaan-Yayasan Balarenik dan Infodesaku. Selanjutnya tim POSKO bersama mendistribusikan secara langsung kepada para korban yang di pusatkan di Desa Sukamulih Kecamatan Sukajaya Bogor, Minggu (5/01).

POSKO BERSAMA ini merupakan sinergitas antara Lembaga Swadaya Masyarakat, media, perguruan tinggi, TKSK Kecamatan Sukajaya, PSM kecamatan Sukajaya, Sat Pol PP kabupaten Bogor dan Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) kabupaten Bogor.

Pembagian logistik berupa peralatan dapur, perlengkapan Bayi, makanan siap saji, paket lauk pauk, tenda lipat, kasur, selimut, seragam sekolah, pakaian dewasa dan anak anak, serta kebutuhan lainnya yang telah didistribusikan kepada para korban tanah longsor, yang berada di pengungsian Desa Sukamulih, pasir Madang, Ciputih, Cileuksa, dan beberapa tempat lainnya yang sebelumnya belum mendapat bantuan logistik.

Di tengah tengah kesibukannya membagikan bantuan logistik Suarni Daeng Caya direktur Yayasan Sakura menyampaikan rasa keprihatinannya terhadap korban sehingga dirinya mengajak seluruh stekhorders untuk bersinergi untuk membantu para korban.

“Pada awalnya ada rasa keprihatinan saya melihat dan mendengar bahwa banyak korban yang kelaparan karena belum adanya bantuan baik itu makanan maupun bantuan lainnya di karenakan kondisi jalan yang tertutup lumpur sehingga kampung mereka terisolir,” ungkap Arni.

Lebih lanjut Arni mengatakan dirinya tidak dapat bekerja sendiri tanpa melibatkan unsur lain, yang memang mempunyai kepedulian sosial dirinya tidak dapat melakukan sesuatu dengan sendiri tanpa kerjasama dari pihak lain lain, karena itu saya mengajak beberapa lembaga dari berbagai unsur, diantaranya ada DPP IKA Alumni STKS Bandung dimana saya sendiri Alumni dari sana. Bentuk sinergitas kami salah satunya Yayasan Sakura dan Yayasan Balarenik menggalang donasi dari berbagai pihak termasum mengajukan permohonan Bantuan logistik dari kementrian sosial dan DPP IKA Alumni STKS Bandung, dan saya sangat bersyukur bantuan itu langsung di respon dalam satu hari, dan untuk penjemputan saya melibatkan media Infodesaku dimana media tersebut ada dalam wadah organisasi wartawan yaitu PWRI, jadi penjemputan logistik di lakukan oleh PWRI, dengan menggunakan kendaraan milik Pemkab Bogor dalam hal ini Sat Pol PP kabupaten Bogor, sedangkan pendistribusiannya dilapangan dikoordinir oleh TKS/TKSK, tagana dan perangkat desa, sehingga dengan adanya sinergitas semua unsur bantuan ini tepat sasaran tanpa harus di tumpuk di satu posko bantuan.

“Kami menyalurkan langsung meskipun terkendala oleh jalan yang sangat sulit untuk dilalui kendaraan, tapi semua berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Masih kata Suarni menambahkan, dirinya sendiri sangat berterima kasih kepada TKS/TKSK kecamatan Sukajaya yang telah memfasilitasi mulai menyiapkan data-data wilayah dan korban yang terdampak Bencan, menyiapkan Posko dan memastikan semua korban mendapatkan bantuan sesuai kebutuhannya dan bantuan ini merata dan tepat sasaran kepada yang berhak dan bantuan ini tidak sampai di sini.

“Saya akan terus berupaya untuk memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan nanti ada dari aktifis perlindungan anak yang akan memberikan bantuan psikososial kepada anak anak korban di pengungsian dalam bentuk pemulihan trauma akibat bencana ini, semoga program sinergitas ini dapat terus dikembangkan dan dimaksimalkan bukan hanya pada penanganan bencana tapi issu sosial lainnya.” pungkas Suarni.

Laporan : Yani/ Panji

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Iwan Setiawan Optimis KLA Dapat Terwujud di Kabupaten Bogor Dengan Sinergitas dan Kolaboratif

Momentum HJB ke-541 Camat Sukamakmur Ajak Stakeholder Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat