Jelang Penilaian Tingkat Nasional, TP PKK Lamsel Evaluasi di Desa Taman Agung

LAMSEL, INFODESAKU  – Dinilai sukses menciptakan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan cerminan pola hidup keluarga, membawa Desa Taman Agung, Kecamatan Kalianda, mewakili Provinsi Lampung mengambil peluang PHBS tingkat nasional.

Seperti diketahui, Desa Taman Agung mewakili Kabupaten Lampung Selatan pada lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, serta Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan) tahun 2019.

Tim penilai dari Provinsi Lampung telah melakukan penilaian terhadap Desa Taman Agung pada 4 Desember 2019 lalu. Hasilnya, Desa Taman Agung meraih predikat terbaik pertama PHBS yang diperoleh berdasarkan 10 indikator yang diterima.

Indikator itu adalah, persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif, menimbang bayi dan balita secara keseluruhan, cuci tangan dengan sabun dan air bersih.

Lalu, menggunakan air bersih, menggunakan jambam sehat, memberantas jentik nyamuk, konsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok. 

Sebagai evaluasi menghadapi pelacakan tingkat nasional, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto ikut jajaran pengurus dan dinas terkait melakukan rapat evaluasi di Desa Taman Agung, Rabu (8/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Winarni menyatakan bahwa Lampung Selatan memiliki program swasembada gizi yang menjadi inovasi unggulan Kabupaten Lampung Selatan.

Di mana kata dia, swasembada gizi merupakan bentuk gerak dalam upaya menentang dan penanggulangan stunting dengan mendorong kualitas pemerintahan pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat dalam pemenuhan gizi yang mandiri menuju sumber daya manusia yang unggul.

“Program gizi swasembada yang kita harapkan akan dapat meminimalisir kasus stunting saat mengatasi kasus ini di Lampung Selatan. Untuk itu saya berharap Desa Taman Agung bias menjadi  pilot project  program swasembada gizi ini, ”katanya.

Winarni menambahkan, melalui kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan juga merupakan bentuk nyata dalam mendukung program pemerintah daerah, yaitu swasembada gizi untuk meningkatkan dan mengurangi angka stunting di Kabupaten Lampung Selatan.

“Dengan program PHBS diraihnya predikat terbaik di Desa Taman Agung dalam lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan ini membuktikan bahwa program swasembada gizi ini telah dapat berjalan dan dapat menunjukkan hasil,” kata Winarni. 

Laporan : Kmf/ R. YS

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan