Pemerintah Kelurahan Cikundul Resmikan Perpustakaan Sambil Milad

SUKABUMI, INFODESAKU – Dalam rangka peresmian Perpustakaan Cikundul Sekaligus peringatan hari jadi Kelurahan Cikundul Ke- 25, Pemerintah kelurahan menyerakan bantuan dari ( Baznas ) Kota Sukabumi dan satunan program tabungan Barokah, bertempat di Aula Perpustakaan Cikundul, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu. Kamis, (06/02) lalu.

Disela kegiatanya, Kepala dinas Perpustakaan, Gebril, M, Sukarman menjelaskan program Pemkot yang mewajibkan setiap kelurahan harus memiliki satu perpustakaan, samapai saat ini dari 33 kelurahan baru sebelas kelurahan yang sudah memiliki perpustakaan, tujuan dari pendirian perpustakaan itu untuk meningkatkan minat baca serta belajar dan membentuk masyarakat yang berkwalitas.

” Perpustakaan itu tidak indentik dengan membaca saja, tetapi tempat bisa dijadikan tempat pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia sekaligus pusat kajian dan aktivitas linterasi,” jelasnya.

Sementara Camat Adrian Heriadi, mengungkapkan rasa syukurnya karena Kecamatan Lembursitu dipercaya sebagai tempat pembangunan pusat perpustakaan.

” Semoga perpustakaan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan meningkatkan minat baca sehingga masyarakat Lembursitu dan cikundul lebih cerdas,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Camat menyebutkan dengan meningkatnya wawasan maka otomatis akan bisa meningkat, untuk tahun 2021 akan diusulkan pusat perpustakaan di Sindangsari mengingat perpustakaan kelurahan Sindangsari sudah pernah menjadi juara Nasional.

” 2021 akan kita diusulkan pusat perpustakaan di Sindangsari mengingat perpustakaan kelurahan Sindangsari sudah pernah menjadi juara Nasional,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Cikundul Agus Heriyanto, menerangkan peresmian perpustakaan ini sekaligus acara Millad Kelurahan Cikundul ke 25 , Perpustakaan ini akan jadi tempat pusat taman bacaan dan pusat kegiatan masyarakat, terlebih tempatnya dilengkapi dengan fasiltas Internat Wifi.

” Kami sangat membuka bagi siapa saja masyarakat yang ingin membaca, pintu terbuka luas bagi masyarakat ataupun media yang mau menggunakan.

” Kedepannya juga ini akan menjadi bescamp bagi para pemuda baik untuk berkegiatan ekonomi kreatif, pusat kegiatan belajar masyarakat, infussosial tempat seni budaya,” pungkasnya.

Lurahpun berpesan agar masyarakat menjaga dan melihara Perpustakaan tersebut mengingat untuk membangun tidak gampang.

 

Laporan : ARIFF SETIAWAN

Related posts

Sambut dan rayakan liburan sekolah di Banyuwangi bersama ASTON Banyuwangi

Melalui Musdes Tim Penyusun RKP Desa Mulai Dibentuk

Satu lagi Posyandu Diresmikan Kades Cimandala