Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa PAW Desa Sukaraja

BOGOR, INFODESAKU – Camat Sukaraja Kabupaten Bogor, Drs.Makmun Nawawi M,Si sosialisasikan pilkades Pengganti Antar Waktu Desa Sukaraja yang sebentar lagi akan melaksanakan pilkades PAW. Seperti diketahui sebelumnya desa sukaraja sampai saat ini masih dijabat oleh Pjs Kepala Desa pasca meninggalnya Kades Sukaraja terpilih beberapa jam usai dilantik Bupati Bogor.

Sosialisasi dihadiri oleh Muspika Kecamatan, Pjs kades, perangkat desa, tomas, toga serta puluhan Rt/Rw sedesa Sukaraja, Minggu (01/03).

“Sosialisasi perlu kita lakukan karena sebentar lagi desa sukaraja akan melaksanakan pilkades PAW, para ketua Rt dan Rw tokoh masyarakat, tokoh agama kita kumpulkan agar mengetahui tatacara serta aturan tentang pilkades PAW, intinya saya menghimbau kepada masyarakat desa sukaraja mendukung saat pelaksanaannya nanti,” ujar Camat Sukaraja.

Sementara Kasipem Kecamatan Sukaraja, Hendaya Zakaria mengatakan pilkdesa PAW sudah sesuai dengan tatacara dan aturan perundangan yang berlaku dikabupaten Bogor.

“Pilkades PAW untuk desa sukaraja mengacu pada Perbup 29 th 2014, Perbup 41 th 2016 serta Perbup 37 th 2019 yang salah satu klausulnya tidak berubah mengacu pada perbup sebelumnya tentang tatacara pilkades PAW, untuk balon maksimal 3 orang, jika lebih maka akan diadakan seleksi tambahan berupa tes akademis dan seleksi administrasi, untuk persyaratan lainnya sama seperti pilkades serentak, sedangkan untuk biaya menggunakan APBDes perubahan,” jelas Hendaya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Desa Sukaraja, Yayat Suyatna menjelaskan, pemilihan dapat dilaksanakan menggunakan dua metode, bisa menggunakan musyawarah mufakat atau pemilihan langsung.

“Ini akan kita putuskan pada pleno BPD bersama panitia pilkades yang hari ini juga akan kita bentuk,” papar Yayat.

Lanjutnya, BPD harus kerja ngebut, karena tahapan pilkades PAW dimulai hari ini sampai nanti pelaksanaan pemilihan tanggal 3 mei 2020 mendatang.

“Kita hanya punya waktu tiga bulan kedepan, seperti halnya camat saya juga berharap pada pelaksanaannya nanti masyarakat mendukung pilkades yang sukses tanpa ekses.” pungkasnya.

Laporan : AJH

Related posts

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega

Petugas Lakukan Pengamanan Penyaluran Bantuan Beras Warga Cilebut Barat